Meriahkan Pengetan Kamardikan Indonesia, Iwan Fals dan Nadin Amizah akan Ramaikan Konser Dua Generas

Meriahkan Pengetan Kamardikan Indonesia, Iwan Fals dan Nadin Amizah akan Ramaikan Konser Dua Generas

Nasional | badung.inews.id | Jum'at, 26 Juli 2024 - 21:00
share

SOLO, iNewsbadung.id - Meriahkan perayaan kemerdekaan atau dalam Bahasa Jawa disebut Pengetan Kamardikan Indonesia, Iwan Fals akan ramaikan Pura Mangkunegaran, berkolaborasi dengan Nadin Amizah.

Menurut Andikha, Ketua Penyelenggara dan Direktur Sisiplus by Katadata, dipilihnya Iwan Fals dalam Konser Dua Generasi berkonsep "Dua Generasi Nada dan Rasa", karena pelantun lagu Surat buat Wakil Rakyat ini merupakan musisi legendaris.

Dikatakan Andikha, Nadin Amizah dipilih karena sangat viral di kalangan generasi muda, terbukti dengan lagu-lagunya seperti Bertaut, mampu menyedot banyak penggemar.

Iwan Fals dan Nadin Amizah merupakan representasi dari dua generasi untuk menciptakan pengalaman yang menyatukan tradisi dan inovasi dalam satu wadah.

"Ini open stage tapi akan menjadi intimate concert, di mana Iwan Fals akan tampil tiga jam. Ada kejutan, karena akan ada kolaborasi antara Iwan Fals dan Nadin Amizah dalam lagu yang masih dirahasiakan," ujar Andikha.

Ditambahkan Andikha, perhelatan ini tidak hanya menghadirkan pertunjukan musik berkualitas, tetapi juga mendorong dialog antar generasi melalui seni.

Berkaitan dengan konsep acara, Andikha menyebutkan bahwa perayaan kemerdekaan ini tidak lepas dari peran-peran pendahulu di masa lalu, di mana masa depan adalah peluang, tetapi masa lalu adalah sejarah yang akan menjadi landasan dan semangat dalam melakukan hal-hal yang lebih baik lagi.

Sementara KGPAA Mangkoenagoro X, tuan rumah acara menyebutkan bahwa Pengetan Kamardikan Indonesia di Pura Mangkunegaran bertujuan untuk merayakan warisan budaya Indonesia, sambil mempromosikan ekonomi digital yang berkembang pesat di Kota Surakarta (Solo).

Bagi pemilik nama asli Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo ini, Pengetan Kamardikan Indonesia menggambarkan semangat kebersamaan dalam memperingati kemerdekaan Indonesia.

Gusti Bhre berharap, melalui acara ini semua orang dapat berkumpul, bersama-sama merayakan kemerdekan Indonesia ke-79.

"Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan berdampak untuk kita semua, dari sisi Mangkunegaran, harapannya bisa menjadi awal dari masa depan yang baik, terutama dari sisi pengembangan ekosistem digital yang sedang dilakukan Mangkunegaran," terang KGPAA Mangkoenagoro X.

Pengetan Kamardikan Indonesia yang akan digelar Sabtu (17/8/2024) dan Minggu (18/8/2024) ini merupakan kerjasama Pura Mangkunegaran dengan Katadata Indonesia bertemaMerayakan Kemerdekaan dengan Budaya dan Ekonomi Digital.

Ade Wahyudi, Chief Operating Officer Katadata mengatakan jika pihaknya berkomitmen mendukung acara dan inisiatif yang membawa manfaat positif bagi ekonomi lokal.

Ditambahkan Ade Wahyudi, Pengetan Kamardikan Indonesia berfokus pada UMKM kuliner dari Solo dan sekitarnya, sehingga diharapkan dapat memperkuat ekonomi lokal dengan memberikan platform untuk promosi dan pertumbuhan bisnis.

Acara ini dikatakan Ade, juga menjadi platform penting bagi masyarakat, UMKM dan pelaku ekonomi digital untuk berkolaborasi dan berkembang bersama.

Katadata memiliki tiga aktivitas, yakni media, riset dan event. Jadi, secara aktivitas masih relate mengapa mengadakan acara di Mangkunegaran. Di mana visi Mangkunegaran ke depan adalah bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mengembangkan kebudayaan tidak hanya nasional, tapi juga internasional," urai Ade dalam jumpa pers di Candi Ratna Pura Mangkunegaran, Jumat (26/7/2024).

Pengetan Kamardikan Indonesia yang juga diwarnai "Festival Kuliner Dua Generasi" ini akan menampilkan 70 UMKM lokal dan makanan legendaris dari berbagai kota, seperti bebek sinjay (Madura), empal gentong H. Apud (Cirebon), bandeng presto Juwana (Semarang), pempek Pak Raden (Palembang) dan kuliner legendaris lain.

Tidak hanya itu, acara yang akan digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran ini juga akan dimeriahkan open kitchen, di mana ibu-ibu memasak nasi secara tradisional, pembuatan dodol yang akan dibagikan gratis, serta lomba tujuh belasan.

Semoga tulisan tentang Meriahkan Pengetan Kamardikan Indonesia, Iwan Fals dan Nadin Amizah akan Ramaikan Konser Dua Generasi, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik