Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia dan BNI Ventures Teken MoU Pengembangan Ekosistem Startup

Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia dan BNI Ventures Teken MoU Pengembangan Ekosistem Startup

Nasional | karanganyar.inews.id | Sabtu, 7 September 2024 - 23:40
share

Jakarta, iNewskaranganyar – Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) dan BNI Ventures melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepakatan bertempat di Menara BNI Jakarta. Penandatanganan ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat ekosistem startup dan inkubator bisnis di Indonesia melalui berbagai program yang berfokus pada inovasi, investasi, dan pengembangan startup. Terutama dalam rangkaian kegiatan BEKUP (Baparekraf for Startup) 2024.

Acara penandatanganan MoU dihadiri Direktur Utama BNI Ventures, Mardianto E. Danusaputro, bersama dengan jajaran Board of Directors (BOD) BNI Ventures, serta Ketua AIBI, Catur Sugiarto, S.E., M.SM., M.Rech., Ph.D., CDMP, yang hadir bersama Ferie Budiansyah perwakilan pengurus Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).

Ketua AIBI Catur Sugiarto menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan sinergi antara BNI Ventures dan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan startup di Indonesia. Terutama yang bergerak di sektor kreatif dan teknologi.

“Kerja sama yang dilakukan dengan BNI Ventures ini sejalan oleh visi AIBI untuk memajukan ekosistem startup di Indonesia. Dengan dukungan dari BNI Ventures, kami optimis bahwa dengan adanya kerjasama ini dapat mempercepat pertumbuhan startup, menyediakan akses ke pendanaan, dan mendorong inovasi yang berkelanjutan,” tuturnya.

BEKUP (Baparekraf for Startup) 2024, sebagai salah satu program yang akan didukung oleh kerja sama ini, diharapkan dapat menjadi ajang dalam mempertemukan pelaku startup dengan investor, mentor, dan pemangku kepentingan lainnya, guna mendorong pertumbuhan startup yang lebih berkelanjutan.

Catur mengungkapkan MoU ini mencakup berbagai inisiatif strategis dan pengembangan jaringan industri yang lebih luas.

“Kolaborasi antara AIBI dan BNI Ventures ini diharapkan dapat menjadi model kerja sama yang efektif dalam memperkuat peran startup di Indonesia. Dengan dukungan yang lebih terintegrasi antara sektor perbankan dan inkubator bisnis, diharapkan semakin banyak startup lokal yang dapat tumbuh dan berkompetisi di pasar global,” pungkasnya.

Topik Menarik