Saat Tokoh PKI Musso Berdebat dengan Kiai Soal Tuhan 

Saat Tokoh PKI Musso Berdebat dengan Kiai Soal Tuhan 

Nasional | okezone | Minggu, 8 September 2024 - 07:30
share

JAKARTA - Tokoh Partai Komunis Indonesia Musso Manowar pernah berdebat dengan seorang Kiai. Pembahasannya bahkan cukup berat, yakni soal Tuhan. 

Kisah ini melansir dari laman Nu Online. Kiai itu adalah Kiai Abdul Wahab Hasbullah. Musso sebagai seorang atheis sudah pasti tak percaya pada Tuhan.

Pembawaan Musso yang cepat emosi membuat perdebatan semakin seru. Hingga membuat orang yang menyaksikan perdebatan Musso dengan Kiai Abdul Wahab menjadi cemas.

Ditambah dengan perawakan Musso yang berbadan besar, kekar dan tegap berbanding terbalik dengan Kiai Abdul Wahab berperawakan pendek dan kecil.

Kiai Abdul Wahab pun memilih untuk tidak melanjutkan perdebatan dengan 'orang jahil' seperti Musso. Bukan karena Kiai Wahab takut, namun karena berdiskusi mengadu hujjah mencari kebenaran, dan dia merasa tidak ada gunanya melayani orang jahil.

Lagi pula senjata manusia adalah akal pikiran dan akhlaq mulia, bukan kepala tinju. Jika bicara soal berkelahi, Kiai Abdul Wahab jagonya.

Meski berbadan kecil, Kiai Abdul Wahab adalah seorang pendekar pencak silat. Dia pernah dikeroyok 3-4 orang dalam perjalanannnya antara Makkah dan Madinah sekira 1920-1925.

Para penyamun itu bertekuk lutur dihajar Kiai Abdul Wahab. Padahal, tubuhnya lebih besar dan tegap melebihi Musso.

Topik Menarik