Tujuh Atlet Dayung Maluku Masuk Pelatnas SEA Games 2025

Tujuh Atlet Dayung Maluku Masuk Pelatnas SEA Games 2025

Olahraga | ambon.inews.id | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 05:50
share

AMBON, iNewsAmbon.id - Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) memanggil tujuh atlet dayung asal Maluku untuk mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) dalam persiapan menuju SEA Games 2025.

"Pemanggilan ini berdasarkan surat PB PODSI dengan nomor 235/PODSI/IX/2024, yang mengatur pemanggilan atlet dan pelatih untuk Pelatnas Dayung tahun 2024," ungkap Pengurus PODSI Maluku, Santos Walalayo, Jumat (4/10/2024).

Dari tujuh atlet yang dipanggil, lima di antaranya merupakan pendatang baru di tim nasional, sementara dua atlet lainnya, La Memo dan Chelsea Corputty, sudah berpengalaman di kejuaraan Asia hingga Olimpiade.

"Maluku mengirimkan lima atlet Rowing yang baru dipanggil, dan dua di antaranya adalah atlet pelatnas berpengalaman. Selain itu, seorang pelatih asal Maluku, yang selama ini menjadi pelatih pelatnas, juga ikut dipanggil," jelasnya.

Kelima atlet pendatang baru tersebut adalah Maria F Bahy Tuhuteru, Arni S Patipeiluhu, Issa Behuku, Popy Hatu, dan Rusdy Ely. 

Selain itu, pelatih Cores Sahupala juga akan mendampingi mereka dalam pemusatan latihan ini.

Dengan tambahan tujuh atlet dari Maluku, PB PODSI menargetkan tak hanya sukses di SEA Games 2025 di Thailand, tetapi juga di Asian Games 2026 di Jepang serta kualifikasi Olimpiade Los Angeles 2028.

Keberhasilan ini bukan tanpa dasar, mengingat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut, PODSI Maluku mampu membawa enam nomor hingga babak final. 

Nama besar PODSI Maluku juga terus diperhitungkan di tingkat nasional, berkat prestasi atlet-atlet unggulan seperti Chelsea Corputty dan La Memo, yang merupakan hasil pembinaan dari PODSI Maluku.

Topik Menarik