Mantan Bek Timnas Malaysia Mahali Jasuli Akui Punya Darah Indonesia, Ngebet Dinaturalisasi?

Mantan Bek Timnas Malaysia Mahali Jasuli Akui Punya Darah Indonesia, Ngebet Dinaturalisasi?

Olahraga | inews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 05:10
share

KUALA LUMPUR, iNews.id - Mantan bek Timnas Malaysia Mahali Jasuli mengaku berdarah Indonesia dari kedua orang tuanya. Hal itu diungkapkan saat marak naturalisasi dilakukan Negeri Jiran dan Indonesia.

Skuad Garuda baru sukses memproses naturalisasi dua pemain, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Mereka siap debut saat melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, 10 Oktober nanti.

Sementara itu Harimau Malaya gagal menaturalisasi Mats Deijl karena tak sesuai persyaratan dari FIFA. Hubungan darah Malaysia yang dimilikinya dinilai terlalu jauh.

Saat ramai isu naturalisasi di ASEAN, Mahali mengatakan punya darah Indonesia. Sebab, kedua orang tuanya asli Indonesia yakni Gresik, tetapi menetap di Malaysia.

“Itu sebenarnya benar. Karena ibu dan ayah saya orang Indonesia. Karena saya lahir di sini, saya mendapat kartu identitas di sini," kata Mahali dilansir dari Makan Bola, Jumat (4/10/2024)

Pemain berposisi bek kanan itu mengatakan menjadi warga negara Malaysia karena lahir dan besar di sana meskipun kedua orang tuanya dari Indonesia. Jadi, dia dapat memperkuat Timnas Malaysia beberapa tahun lalu.

“Tapi kalau lahir di sini, otomatis mendapat kartu identitas berwarna biru seperti saudara-saudaramu,” jelasnya.

Mahali merupakan pemain asli Selangor yang memulai debutnya bersama Timnas Malaysia sekitar tahun 2009. Dia mencatatkan lebih dari 50 penampilan.

Bahkan Mahali dua kali mempermalukan Timnas Indonesia. Pertama saat membawa Harimau Malaya mengalahkan Garuda dalam agregat 5-1 pada final Piala AFF 2010.

Kedua saat perebutan emas SEA Games 2011. Mahali mengantarkan Malaysia menumbangkan Indonesia via adu penalti.

Topik Menarik