8 Makanan Bisa Bikin Kamu Cepat Tua, Ini yang Harus Dihindari

8 Makanan Bisa Bikin Kamu Cepat Tua, Ini yang Harus Dihindari

Berita Utama | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 02:15
share

JAKARTA, iNews.id - Mengonsumsi makanan sangat penting sebagai asupan energi harian. Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dibatasi bahkan dihindari karena bisa memicu penuaan dini. 

Beberapa jenis makanan tersebut dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan merusak kolagen serta elastisitas kulit. Parahnya, ini dapat menyebabkan kerusakan sel dan mempercepat proses penuaan kulit, seperti munculnya garis-garis halus dan keriput. 

Lantas, makanan apa saja yang bisa memicu penuaan dini sehingga harus dihindari? Dilansir dari berbagai sumber berikut delapan makanan yang bisa membuat kamu cepat tua. 

1. Makanan tinggi garam

Mengonsumsi terlalu banyak makanan asin atau tinggi sodium juga bisa membuatmu terlihat lebih cepat tua. 

Pasalnya, terlalu banyak makan garam dapat membuat tubuh menumpuk air, sehingga tampilan kulit menjadi sembap dan tidak segar.

2. Roti

Karbohidrat olahan seperti roti bercampur dengan protein dapat membentuk advanced glycation end products (AGEs). AGEs memiliki efek langsung pada peningkatan risiko penyakit kronis dan mempercepat penuaan dengan cara menimbulkan peradangan pada tubuh.

3. Daging olahan

Daging olahan seperti ham, bacon, dan sosis, mengandung lemak jenuh, dan sulfit. Makanan ini dapat menyebabkan kulit kering dan melemahkan kolagen. 

Selain itu, daging olahan juga mengandung tinggi garam yang dapat membuat kulit bengkak. 

Sebagai alternatif, kamu bisa konsumsi daging rendah lemak seperti kalkun atau ayam, yang dikemas dengan protein dan asam amino yang berfungsi dalam pembentukan kolagen alami.

4. Makanan tinggi gula

Makanan yang mengandung tinggi gula dapat merusak kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein penting yang menyusun kulit, kuku, dan jaringan lain pada tubuh. 

Kerusakan kolagen ditandai dengan kulit yang kendur, kering, dan kusam. Asupan gula pada makanan manis membuat hilangnya kehalusan dan kekencangan pada kulit.

Produksi kolagen yang buruk membuat kulit cepat mengalami keriput dan penuaan.  Meskipun secara alami seiring dengan pertambahan usia produksi kolagen akan menurun, namun kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula dapat mempercepat proses penuaan.

5. Makanan beku

Pasti ada saja saatnya dimana individu merasa malas memasak sehingga ingin mengonsumsi makanan beku yang cukup digoreng, direbus, atau dimasukkan ke dalam microwave. 

Meskipun aman dikonsumsi, namun makanan beku terlalu sering dapat menyebabkan masalah pada penuaan dini.

6. Makanan cepat saji

Jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, maka hindari makanan cepat saji sesering mungkin. Orang yang terlalu sering makan makanan cepat saji olahan cenderung mengalami perubahan dalam kromosom terkait dengan penuaan. 

Mengonsumsi tiga porsi atau lebih makanan cepat saji per hari akan menyebabkan peningkatan drastis dari kemungkinan muncul untai DNA dan protein yang disebut telomer.

7. Makanan yang digoreng

Semua makanan yang digoreng dalam rendaman minyak, misalnya gorengan, kentang goreng atau ayam goreng, bisa melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel-sel pada kulit. Ini mempercepat proses penuaan karena bisa melemahkan elastisitas kulitmu.

8. Makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar, apalagi yang nyaris hangus, mengandung hidrokarbon yang dapat menyebabkan peradangan dan merusak kolagen pada kulit. 

Untuk menurunkan risiko penuaan dini, kamu bisa hilangkan atau potong bagian makanan yang hangus sebelum mengonsumsinya.

Topik Menarik