8 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo yang Unik, Ada Sambal Lu'at hingga Madu Hutan Asli

8 Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo yang Unik, Ada Sambal Lu'at hingga Madu Hutan Asli

Travel | inews | Minggu, 22 September 2024 - 08:34
share

JAKARTA, iNews.id - Oleh-Oleh khas Labuan Bajo bisa menjadi buah tangan menarik ketika Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Anda bisa membeli oleh-oleh makanan, suvenir, hingga kain khasnya yang unik.

Ya, sudah menjadi hal umum jika Labuan Bajo memiliki destinasi menakjubkan. Kota kecil yang terletak di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini terkenal sebagai pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo, yang merupakan habitat asli komodo, hewan purba yang dilindungi.

Selain itu, Labuan Bajo juga menjadi destinasi wisata yang populer karena keindahan alamnya, seperti pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan berbagai spot menyelam serta snorkeling yang menarik. Labuan Bajo juga dikenal dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, dan Pulau Komodo, yang menawarkan pemandangan spektakuler dan berbagai aktivitas wisata.

Jika sudah puas menikmati pemandangan alamnya, jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh Labuan Bajo yang unik. Penasaran, apa saja oleh-oleh khas Labuan Bajo yang harus Anda beli? Berikut ulasannya dirangkum pada Minggu (21/9/2024).

Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo

1. Kain Tenun Ikat Manggarai

Oleh-oleh pertama yang harus Anda beli saat berada di Labuan Bajo adalah kain tenun ikan Manggarai. Kain tenun tradisional khas Manggarai dengan motif-motif unik yang dikerjakan secara manual oleh para pengrajin lokal. Tenun ini sering digunakan untuk acara adat atau sebagai dekorasi rumah. Harga yang dibanderol mulai Rp300.000 - Rp1,5 juta tergantung ukuran dan kerumitan motif. Anda bisa beli oleh-oleh di Souvenir Khas Flores Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo atau di Toko Tenun Nusa Tenggara Timur Jalan Frans Sales Lega, Labuan Bajo.

2. Kopi Manggarai

Selanjutnya ada kopi arabika atau robusta asli dari dataran tinggi Manggarai. Kopi ini juara karena memiliki aroma dan cita rasa kuat dan sedikit fruity. Ideal untuk pencinta kopi yang mencari keunikan rasa kopi daerah. Harganya mulai Rp50.000 - Rp150.000 per 250 gram. Untuk membeli kopi ini Anda bisa singgah ke Warung Kopi Flores Jalan Trans Flores, Labuan Bajo. Bisa juga membeli di Komodo Coffee Shop Jalan Binongko, Labuan Bajo.

3. Suvenir Patung Komodo

Tidak lengkap jika ke Labuan Bajo tanpa membeli suvenir patung komodo. Miniatur komodo yang terbuat dari kayu atau logam, sering dijadikan simbol dan kenang-kenangan karena komodo merupakan ikon utama Labuan Bajo. Ukuran dan bahan bervariasi. Harganya dibanderol mulai Rp100.000 - Rp500.000. Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Pasar Oleh-Oleh Labuan Bajo, Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo. Bisa juga membeli di Toko Souvenir Komodo Dragon, Jalan Bukit Cinta, Labuan Bajo.

4. Madu Hutan Flores

Madu asli dari hutan Flores yang dihasilkan lebah hutan lokal. Rasa manis yang khas dan aroma wangi bunga menjadikan madu ini salah satu oleh-oleh favorit. Harga dibanderol Rp100.000 - Rp200.000 per botol 500 ml. Untuk membeli madu hutan Flores ini Anda bisa singgah ke Toko Madu Flores di Jalan Pantai Pede, Labuan Bajo. Atau ke Labuan Bajo Mart di Jalan Trans Labuan Bajo, Labuan Bajo.

5. Sopi Flores

Minuman tradisional fermentasi dari ketan putih atau jagung yang terkenal di Flores. Rasa sopi cukup kuat, mirip arak atau tuak, dan sering dikonsumsi dalam acara adat. Harga yang dibanderol Rp50.000 - Rp200.000 per botol, tergantung ukuran dan kadar alkohol. Anda bisa membeli Sopi Flores ini di Pasar Tradisional Labuan Bajo Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo. Bisa juga membelinya di Toko Sopi Asli Manggarai Jalan Komodo, Labuan Bajo.

6. Ikan Asin Komodo

Selanjutnya Anda bisa membeli ikan asin khas dari laut Flores yang diolah dan dijemur secara tradisional. Cocok sebagai lauk atau oleh-oleh yang tahan lama dan kaya akan cita rasa laut. Harga dibanderol Rp50.000 - Rp100.000 per kg. Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Pasar Ikan Labuan Bajo Jalan Wae Mata, Labuan Bajo. Bisa juga membeli di Toko Oleh-Oleh Komodo Fish Jalan Pantai Pede, Labuan Bajo.

7. Kacang Mete Flores

Oleh-oleh yang satu ini jangan dilewatkan. Kacang mete lokal yang diolah dengan cara digoreng atau dipanggang. Rasa gurih dan renyah menjadikannya oleh-oleh ini populer di kalangan wisatawan. Harga dibanderol Rp80.000 - Rp150.000 per 500 gram. Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Toko Flores Nuts Jalan Raya Komodo, Labuan Bajo. Bisa juga membeli di Pasar Tradisional Labuan Bajo Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo.

8. Sambal Lu'at

Terakhir ada sambal khas Flores yang dibuat dari cabai, jeruk purut, dan bumbu lokal lainnya. Rasa pedas yang khas membuatnya sering dibawa pulang oleh wisatawan yang menyukai sambal. Harga dibanderol Rp25.000 - Rp50.000 per botol. Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Pasar Labuan Bajo Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo. Bisa juga singgah ke Toko Sambal Flores Jalan Pantai Pede, Labuan Bajo.

Itulah oleh-oleh khas Labuan Bajo yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan atau hadiah. Lokasi- oleh-oleh ini berada di pusat kota Labuan Bajo dan mudah diakses oleh wisatawan. Selamat berkunjung!

Topik Menarik