Viral Ada Hutan di Bawah Air, Satu-satunya di Indonesia yang Menakjubkan!

Viral Ada Hutan di Bawah Air, Satu-satunya di Indonesia yang Menakjubkan!

Travel | inews | Rabu, 4 September 2024 - 20:01
share

JAKARTA, iNews.id - Hutan di bawah air memiliki keunikan tersendiri. Ya, ternyata Indonesia memiliki pemandangan hutan unik karena lokasinya ada di bawah air.

Pemandangan hutan di bawah air ini diviralkan oleh kreator konten dengan akun @dimasramadhan. Dia membagikan video sedang menyelam di danau yang sangat jernih. Menariknya, suasana di dalam danau tersebut terlihat seperti hutan, dipenuhi pepohonan hingga batang pohon besar. 

Dia mengatakan, hutan di bawah air tersebut adalah Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur. Dalam captionnya dia mengatakan, Labuan Cermin. Berasa menjelajahi 'Underwater Jungle' berenang seperti lagi di dalam hutan tapi di bawah air!

"Lo gak bakal percaya ada hutan di bawah air tercantik di Indonesia. Berenang di sini tuh rasanya seperti berenang di akurium raksasa. Ini dia Labuan Cermin di Kalimantan Timur yang terkenal dengan airnya yang super bening dan dua lapisan air yang unik banget. Di atas air tawar, di bawahnya air asin. Dikelilingi pepohonan hutan magrove yang asri selain berenang kita juga bisa jelajah alam. Bener-bener pengalaman yang tidak akan terlupakan," kata @dimasramadhan, dikutip Rabu (4/9/2024).

"Banyak yang bertanya juga. Kak di labuan cermin bisa berenang kah kak? Aman kak? kak katanya ada buaya? Buayanya masih ada? Tenang guys. Sekarang kita sudah bisa kembali beraktivitas di dalam danau labuan cermin. Kita sudah bisa berenang, menyelam, melompat dan lain lain," ujar @dimasramadhan.

"Berarti buayanya sudah gak ada ya kak? Yes sudah tidak ada. Buayanya tidak bisa masuk di area kita beraktivitas karena sudah ada pembatas atau semacam pagar yang dibuat oleh warga labuan cermin untuk mencegah buayanya masuk ke area inti Labuan Cermin," katanya.

Labuan Cermin terkenal unik karena memiliki keistimewaan pada airnya yang jernih hingga ke dasar danau. Keunikannya, air danau ini memiliki dua rasa, yaitu asin dan tawar. Sekitar tiga meter di permukaan rasanya tawar. Namun, mulai kedalaman tiga meter ke bawah, air Labuan Cermin terasa asin.

Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun, membuat suasananya teduh. Anda dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling, dan menyelam. Saat menyelam menggunakan kacamata snorkeling, Anda akan melihat beberapa ikan berenang tidak jauh dari permukaan. Ada pula yang jauh di dasarnya.

Rasa dari air yang berbeda, menyebabkan ikan-ikan itu terpisah. Fenomena ini diperkirakan terjadi karena adanya celah yang menyebabkan air laut menerobos masuk saat pasang. Namun karena berat jenis air yang berbeda, air asin berada di bagian perairan bawah dan air tawar di atas. Meski terlihat dangkal, Anda harus tetap waspada, karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai sekitar empat hingga lima meter.

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Tempat ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari Ibu Kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Selamat berkunjung!

Topik Menarik