Desa Unik di Aceh, Singgah ke Lubuk Sukon Rumah Warga Masih Tradisional Dikelilingi Sawah 

Desa Unik di Aceh, Singgah ke Lubuk Sukon Rumah Warga Masih Tradisional Dikelilingi Sawah 

Travel | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 17:21
share

JAKARTA, iNews.id - Desa unik di Aceh sangat menarik untuk dijelajahi. Sudah menjadi hal umum jika Aceh memiliki kekayaan budaya, sejarah, dan adat istiadat yang menakjubkan.

Aceh juga terkenal karena penerapan hukum syariah yang sangat kental. Provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah ini identik dengan pemandangan pantai dan pasir putih.

Beberapa destinasi wisata yang ada di Aceh yang populer adalah Masjid Raya Baiturrahman yang menjadi ikon wisata religi. Masjid ini dibangun sejak 1612 pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Selain bangunan masjid ada Kapal Apung Lampulo yang fenomenal. Kapal Lampulo menjadi saksi sejarah atas dahsyatnya tsunami yang menimpa Aceh pada 2004.

Di balik keindahan destinasi wisata, Aceh juga memiliki desa unik yang harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Kali ini Anda bisa berkunjung ke Desa Wisata Lubuk Sukon. Desa ini sangat kental dengan budaya dan tradisi Aceh. Menariknya, Lubuk Sukon masuk dalam daftar 75 besar Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Penasaran, ingin tahu seperti apa desa unik Lubuk Sukon di Aceh? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (27/8/2024).

Desa di Aceh

Desa Lubuk Sukon terletak di Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Desa ini memiliki pesona alam yang menakjubkan dan suasana perdesaan yang asri. Pemandangannya alamnya masih alami dikelilingi hamparan sawah hijau yang membentang luas, menciptakan pemandangan yang menenangkan. Selain itu, desa ini dikelilingi oleh perbukitan yang menambah keindahan alamnya.

Salah satu daya tarik utama di desa ini adalah sungai-sungai jernih yang mengalir melalui desa, menjadi tempat favorit bagi warga setempat untuk bersantai. Di sekitar desa juga terdapat beberapa air terjun kecil yang tersembunyi di dalam hutan, memberikan suasana alami yang sejuk dan damai.

Rumah tradisional 

Desa ini juga masih kental dengan budaya Aceh yang tradisional. Warga desa sering mengadakan acara adat dan tradisi lokal, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin merasakan budaya setempat.

"Jelajah Desa Wisata Lubuk Sukon, Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar. Keberadaan rumah tradisional atau rumah adat semakin langka, tak terkecuali di Aceh. Nah di Desa Wisata Lubuk Sukon masih sangat banyak rumah tradisional atau rumah adat Aceh, rumah tradisional berbentuk rumah panggung dengan material kayu. Dan yang paling menarik adalah Museum Rumah Adat Aceh Cek Mad Rahmany," tulis Instagram @btj_ap2.

Ketika berada di desa ini, Anda masih menjumpai rumah-rumah tradisional Aceh dengan arsitektur khas yang terbuat dari kayu dan berdiri di atas tiang-tiang tinggi. Rumah-rumah ini menambah pesona desa dengan keaslian dan keunikannya. Saat pagi hari ke Desa Lubuk Sukon, Anda bisa melihat persawahan yang diselimuti kabut tipis, memberikan pemandangan menakjubkan, terutama saat matahari terbit di atasnya.

Itulah desa unik di Aceh yang harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Berada di Desa Lubuk Sukon, dijamin akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Topik Menarik