Viral Cacing Gelang Terlihat di Salmon Mentah, Netizen: Pencinta Sashimi Menangis

Viral Cacing Gelang Terlihat di Salmon Mentah, Netizen: Pencinta Sashimi Menangis

Travel | inews | Rabu, 14 Agustus 2024 - 15:57
share

JAKARTA, iNews.id - Salmon merupakan salah satu ikan yang disukai banyak orang. Biasanya, salmon disajikan menjadi sashimi khas makanan Jepang.

Salmon juga diketahui menjadi salah satu jenis ikan yang kaya nutrisi dan telah lama dikenal memiliki manfaat untuk kesehatan. Di samping menjadi sumber protein yang berkualitas tinggi, ikan salmon juga kaya akan asam lemak omega-3. 

Asam lemak omega-3 sangat berguna bagi kesehatan jantung, otak, dan organ tubuh lainnya. Selain itu, ikan salmon juga terkenal dengan rasanya yang lezat dan mudah diolah. Di Jepang, salmon sangat digemari dan kerap dijadikan sebagai sushi hingga sashimi, di mana umumnya dikonsumsi dalam keadaan mentah. 

Tekstur yang lembut dan halus dari salmon mentah dalam sushi dan sashimi menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya.

Namun, terlalu sering mengonsumsi salmon mentah ternyata memiliki risiko bagi kesehatan. Salah satunya, risiko terinfeksi cacing gelang. Seperti pada video yang baru-baru ini viral di media sosial TikTok yang menampilkan penampakan beberapa potong salmon mentah yang terinfeksi cacing gelang. 

Dalam video viral yang diunggah pemilik akun TikTok @dolledupjudy, terlihat potongan salmon tampak dilumuri bumbu. Namun, saat direkam dari dekat, beberapa ekor cacing pita transparan keluar dari celah sejumlah potongan daging salmon mentah tersebut dan tampak menggeliat keluar. 

Sontak, video tersebut viral dan sampai saat ini telah ditonton hingga hampir 6 juta pengguna. Banyak warganet yang turut berkomentar dalam postingan tersebut. Kebanyakan dari mereka tampak geli dan mual melihat video tersebut. 

Tidak sedikit dari warganet yang mengaku kapok mengonsumsi ikan salmon mentah ataupun sushi dan sashimi. 

“Yang suka Sashimi menangis,” ujar @ang***

“Alasan aq ga mau beli susi,” kata @bel***

“Itu sebabnya saya tidak suka makan ikan mentah,” kata @ita***

“Geliii.. tim yg gak sukaaaaa salmon mentah,” ujar @ali***

Lantas, apa risiko mengonsumsi ikan salmon mentah terhadap kesehatan?

Mengonsumsi ikan salmon mentah atau setengah matang berisiko mengalami infeksi anisakiasis (cacing herring) atau cacing gelang. 

Menelan cacing kecil ini dapat menyebabkan sakit perut yang parah, mual, dan muntah dalam beberapa jam setelah makan. 

Terlebih lagi jika cacing tidak keluar melalui batuk atau muntah, mereka dapat menggali ke dalam dinding usus. 

Hal ini bisa menyebabkan respons imun lokal atau peradangan di usus. Selain itu, mengonsumsi ikan mentah seperti salmon mentah juga berisiko terhadap infeksi Salmonella yang menyebabkan gejala diare, demam, dan kram perut. 

Gejala dimulai dalam satu hingga tiga hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. 

Banyak dari infeksi tersebut dapat menyebabkan gejala pencernaan, termasuk diare, mual, dan muntah. Dalam beberapa kasus, infeksi dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius.

Topik Menarik