Usai Sidang Kabinet di IKN, Sandiaga Uno Dapat Arahan dari Presiden Jokowi terkait Pariwisata Indonesia

Usai Sidang Kabinet di IKN, Sandiaga Uno Dapat Arahan dari Presiden Jokowi terkait Pariwisata Indonesia

Travel | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 22:57
share

JAKARTA, iNews.id - Di akhir masa jabatan, Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet paripurna terakhir di masa pemerintahannya di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (13/9/2024). Pada kesempatan itu, sidang juga dihadiri oleh beberapa menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Salah satu yang hadir adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang mendapat beberapa arahan dari Presiden Joko Widodo saat sidang kabinet.

Usai kembali dari IKN, Sandiaga menjelaskan, terkait perkembangan pariwisata di Indonesia “Saya sampaikan kepada media, kepada publik secara luas, pariwisata kita ini mengalami loncatan yang sangat signifikan, dari sebelum pandemi,” ujar Sandiaga Uno saat ditemui di Terminal 1A Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (13/9/2024).

Sandiaga menjelaskan, Indonesia naik dari posisi di luar 50 besar sekarang naik mendekati ke-20 besar. Dengan loncatan yang signifikan ini, bisa dikatakan posisi pariwisata Indonesia semakin berkualitas. "Partisipasi publik sangat tinggi, kecintaan terhadap pariwisata sangat tinggi terutama gen Z dan milenial,” katanya.

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta untuk menanggapi secara cepat dan tanggap bila ada isu terkait pariwisata Indonesia. Tentunya dengan fakta-fakta apa yang telah pemerintah lakukan. 

“Policy kita juga pariwisata ini inklusif yakni, membuka kepada semua pihak untuk bisa berpartisipasi. itu arahan khususnya,” tuturnya.

"Jangan sampai 10 tahun terakhir yang sudah dibangun ini, di penghujung narasi kita yang telah kita bangun ini malah tidak tersampaikan. Jadi Pak Jokowi minta ini disampaikan dan dipastikan publik mendapatkan informasi yang terkait," katanya.

Topik Menarik