Kemenparekraf Dukung Event Kenarok Beri Ruang Pelaku UMKM untuk Berkembang

Kemenparekraf Dukung Event Kenarok Beri Ruang Pelaku UMKM untuk Berkembang

Travel | inews | Jum'at, 26 Juli 2024 - 21:32
share

JAKARTA, iNews.id - Industri kreatif di Indonesia memiliki potensi besar dalam perekonomian nasional. Maka itu, pelaku UMKM diharapkan dapat mengembangkan produknya.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Banten menggelar event "Temu Bisnis Kemitraan Nasional Rantai Pasok (KENAROK)" di mal Living World, Tangerang, pada 26-28 Juli 2024.

Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf Syaifullah Agam mengatakan, dia sengaja melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah daerah Banten untuk membangun atau mendorong kemitraan antara industri besar dan juga UMKM.

Kita ingin membangun platform ini bukan hanya ownership-nya di Kemenparekraf. Tapi untuk ke Pemda provinsi, abis itu Pemda kota, kabupaten, swasta, itu kita libatin semua, ujar Syaifullah, dalam sambutannya, di Mal Living World, Tangerang, Jumat (26/7/2024).

Jadi kita makanya ke mitra nasional. Nah kita ingin semangat ini menular ke semua pihak atau stakeholders, supaya membangun atau mendorong kemitraan antara industri besar dan juga UMKM. Jadi kita memberikan kesempatan ke mereka, termasuk di dalam proses rantai produksinya, katanya.

Syaifullah berharap, event Kenarok di Banten ini bisa membuat keberadaan industri besar jadi dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, termasuk pelaku usaha yang lebih kecil.

Dan kita berharap dengan adanya B2B dan B2C, untuk membangun awareness, makanya kita di mal. Dan kita didukung oleh banyak pihak, katanya.

Ini juga merupakan program yang memberikan manfaat besar bagi kita semua, dan semoga acara hari ini sampai dengan tiga hari ke depan bisa berjalan dengan baik dan juga bisa memberikan manfaat bagi kita semua, ujarnya.

Syaifullah menambahkan, event Kenarok akan berlanjut di Provinsi Banten dan juga provinsi lainnya. Maka, event ini bisa memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk berkembang. L

"Apa yang dicita-citakan atau di arahan Pak Presiden, industri besar harusnya memberikan kesempatan bagi UMKM kita untuk masuk dan bermitra sehingga keduanya berkembang bersama, tuturnya.

Sebagai informasi, tujuan event yakni untuk mempertemukan para pelaku ekonomi kreatif (UMKM) dengan industri pariwisata di Banten guna memperkuat rantai pasok industri pariwisata.

Event Kenarok di mal Living World, Tangerang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno secara online.

Sebelumnya, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, Rizki Handayani, mengatakan, kegiatan Kenarok menandai langkah besar dalam mendukung integrasi UMKM ke dalam rantai pasok industri pariwisata.

Rizki mengatakan, kegiatan ini adalah cerminan dari komitmen pemerintah dan sektor swasta dalam mengakselerasi pembangunan ekonomi berkelanjutan melalui pemberdayaan.

Integrasi ini diperkirakan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dengan membuka jalan bagi UMKM untuk menjadi bagian integral dari industri pariwisata, yang mayoritas terdiri dari usaha skala menengah dan besar, tutur Rizki.

Topik Menarik