6 Desa di Garut Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Takjub Bisa Bertemu Warga Albino

6 Desa di Garut Harus Dikunjungi Minimal Sekali Seumur Hidup, Takjub Bisa Bertemu Warga Albino

Travel | inews | Senin, 1 Juli 2024 - 12:57
share

JAKARTA, iNews.id - Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki pemandangan menakjubkan untuk dijelajahi. Keindahan alamnya tidak kalah dari Bandung atau Bogor yang populer di kalangan wisatawan.

Selain memiliki pemandangan pegunungan, air terjun, hingga pantai, Garut juga menyimpan berbagai desa menakjubkan. Di momen liburan, jangan lewatkan untuk singgah ke Garut, beberapa desanya harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup.

Penasaran, di mana saja desa menakjubkan di Garut yang harus dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (1/7/2024).

1. Desa Rancabuaya

Desa pertama yang harus dikunjungi adalah Rancabuaya. Desa ini terkenal dengan pantainya yang eksotis, yaitu Pantai Rancabuaya. Pantai ini memiliki pasir putih, ombak yang besar, serta pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Di pantainya, menawarkan keindahan pantai dengan ombak besar, pasir putih, dan sunset yang memesona. Desa Rancabuaya, berlokasi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

2. Desa Ciburuy

Desa Ciburuy dikenal dengan situ (danau) yang indah, yaitu Situ Ciburuy. Di sekitar situ ini, terdapat area hijau yang asri dan udara yang sejuk, cocok untuk rekreasi keluarga. Danaunya dikelilingi pepohonan hijau. Desa Ciburuy menjadi desa dengan tingkat albinisme tertinggi di Indonesia. Banyak orang menyebut desa ini adalah Kampung Albino, karena sebagian warga desa tersebut mengalami kelainan pada pigmen kulit yang menjadi warisan leluhur. Warga desa mengatakan warga dengan kulit albino ini sudah berada selama 149 generasi. Desa Ciburuy berlokasi di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

3. Desa Sukarame

Desa Sukarame terkenal dengan pemandangan Kebun Mawar Situhapa. Kebun ini menawarkan pemandangan bunga mawar berbagai warna yang luas dan tertata rapi, serta udara sejuk. Di taman ini, pengunjung bisa berfoto dan bersantai. Desa Sukarame, berlokasi di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

4. Desa Pasirwangi

Selanjurnya ada Desa Pasirwangi. Desa ini terkenal dengan Gunung Papandayan yang menawarkan jalur pendakian eksotis serta pemandangan kawah dan vegetasi yang unik. Desa ini adalah titik awal pendakian menuju Gunung Papandayan. Gunung Papandayan menawarkan jalur pendakian indah. Ada pemandangan kawah, hutan mati, dan padang edelweiss. Desa Pasirwangi, berlokasi di  Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

5. Desa Pancasura

Desa ini memiliki perkebunan teh yang luas dan hijau, yaitu Kebun Teh Dayeuhmanggung. Wisatawan bisa menikmati pemandangan perkebunan serta udara sejuk yang menyegarkan. Perkebunan teh yang hijau dan luas, menawarkan pemandangan menenangkan. Desa Pancasura, berlokasi di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

6. Desa Pakenjeng

Desa Pakenjeng terkenal dengan Curug Orok, air terjun yang tinggi dan indah dikelilingi hutan tropis yang rimbun. Cocok untuk wisata alam dan petualangan. Air terjun yang tinggi dan menakjubkan, dengan hutan yang lebat di sekitarnya. Desa Pakenjeng berada di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Itulah seputar desa di Garut yang menawarkan destinasi wisata yang unik dan indah. Desa-desa ini cocok dikunjungi bagi para wisatawan yang mencari keindahan alam dan ketenangan. Selamat berkunjung.

Topik Menarik