Mengenal Wisata Minat Khusus di Indonesia melalui DXI 2024, Snorkeling dan Diving Paling Populer

Mengenal Wisata Minat Khusus di Indonesia melalui DXI 2024, Snorkeling dan Diving Paling Populer

Travel | inews | Jum'at, 31 Mei 2024 - 17:34
share

JAKARTA, iNews.id - Wisata minat khusus di Indonesia memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Apalagi olahraga menyelam seperti surving, diving, hingga snorkeling diminati wisatawan dari berbagai negara, maka sangat potensial untuk dikembangkan.

Ya, kali ini Anda bisa mengenal berbagai wisata minat khusus di Indonesia melalui event pameran olahraga ekstrem, diving, olahraga air, dan outdoor adventure terbesar di Asia, Deep and Extreme Indonesia 2024 (DXI 2024). Pameran ini resmi dibuka oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events), Vinsensius Jemadu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Indonesia keindahan alamnya luar biasa. Alam sangat diminati dan turis mau datang. Ironisnya wisata minat khusus ini belum dikelola baik. Ini tantangan kita. Kita gak bisa 100 persen berharap ke pemerintah. Tapi kolaborasi dengan stakeholder bisa bantu mengembangkan wisata minat khsusus di Indonesia, sebab laut di Indonesia ini bagus," kata Vinsensius Jemadu di sela event DXI 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Menurut Vinsen, DXI 2024 menjadi ajang promosi wisata petualangan yang ada di Indonesia melalui olahraga ekstrem. Mengusung tema Edge of Tomorrow: Dive Into the Depth of Extreme Sports, pameran DXI 2024 ingin memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Sebab, tujuan DXI 2024 tidak hanya memperkenalkan dan memperluas industri olahraga ekstrem lainnya, namun juga membuka pasar baru untuk memperkuat industri wisata di Indonesia.

Vinsensius Jemadu mengatakan, olahraga ekstrem memiliki hubungan yang erat dengan industri pariwisata di Indonesia. Sebagai negara dengan kekayaan alam yang luar biasa, Indonesia menawarkan beragam tempat yang ideal untuk praktek olahraga ekstrim, seperti surfing, diving dan kegiatan olahraga ekstrem lainnya.

"Alhamdulillah hari ini kita membuka kembali DXI. Kita bersyukur event ini bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman bahkan juga di daerah untuk bisa mengembangkan wisata-wisata selam, surfing, fishing yang mempunyai potensi luar biasa," kata Vinsensius.

Vinsensius berharap, adanya pameran DXI bisa menjadi ajang untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia dalam hal olahraga ekstrem. Sebab, pameran DXI ini juga sejalan dengan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendorong wisatawan bukan hanya dari segi kuantitas tapi juga kualitasnya.

Menurutnya, kegiatan olahraga ekstrem seperti surfing adalah masuk dalam kategori minat khusus yang berpotensi untuk menyumbang pada perekonomian negara dan lokal lewat pariwisata.

"Kalau kita lihat dari perspektif pariwisata kegiatan yang dirangkaikan dalam pameran DXI ini masuk dalam kategori minat khusus. Sekarang paradigmanya kan sekarang sudah berubah tidak hanya quantity tapi quality. Jadi yang kita kejar adalah spending dan length of stay daripada produk wisata kita. Diving surfing dan lain-lain itu mereka akan tinggal lebih lama," ujarnya.

Michael Bayu Sumarijanto selaku Presiden Direktur Dyandra Event Solutions mengatakan, pameran DXI 2024 dapat memberikan dukungan yang signifikan terhadap pariwisata di Indonesia. Melalui DXI 2024, Indonesia dapat memperkenalkan destinasi-destinasi wisata yang dapat menjadi tempat untuk melaksanakan olahraga ekstrem, seperti surfing, paragliding, mountain biking, dan lain sebagainya.

"DXI 2024 bertujuan untuk menjadi platform promosi yang efektif bagi industri olahraga air, ekstrim dan outdoor lifestyle, serta menjadi wadah untuk memperkenalkan potensi wisata alam Indonesia yang kaya dan menantang," katanya.

Bayu berharap penyelenggaraan DXI tahun ini bisa menjadi wadah yang tepat untuk seluruh stakeholder bertemu dan bertukar informasi serta ide terkait olahraga ekstrem di Indonesia. Dengan demikian, bisa menghasilkan gagasan menarik untuk meningkatkan minat olahraga ekstrem di Indonesia serta berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan baik luar maupun dalam negeri.

Bayu menambahkan, untuk pameran DXI tahun ini diikuti oleh lebih dari 150 exhibitor yang terdiri atas berbagai macam komunitas hingga industri pendukung berbagai jenis olahraga ekstrem. Pada tahun ini, DXI menargetkan kehadiran lebih dari 30.000 pengunjung dan transaksi sebesar Rp12 miliar selama empat hari penyelenggaraan pameran.

"Kami berharap, melalui DXI 2024, dapat tercipta sinergi yang kuat antara para pelaku industri, komunitas, dan pemerintah dalam memajukan sektor olahraga ekstrem dan pariwisata Indonesia. Harapan kami, DXI 2024 tidak hanya menjadi ajang pameran, tetapi juga menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus mengembangkan industri olahraga air dan ekstrem di Indonesia," kata Bayu.

Project Manager DXI 2024, Aquila Sumampouw mengatakan, berbagai kegiatan menarik telah disiapkan untuk memeriahkan pameran DXI 2024. Selain menyediakan pameran untuk kebutuhan penunjang industri terkait, ada juga acara talk show dengan para tokoh hebat di bidangnya seperti Bucek, Ramon Y Tungka, hingga Arbain Rambey. Pengunjung juga dapat mencoba berbagai demonstrasi olahraga air dan ekstrem seperti Surf-skate Indoor Park yang pertama kali ada di Indonesia mulai dari DXI 2023 lalu.

Tak hanya itu, DXI juga akan menghadirkan Scuba Experience di Tank Besar, Test Ride Motor Adventure hingga Mermaid Show selama pameran berlangsung. Sebagai apresiasi, DXI juga menghadirkan program pemberian penghargaan kepada tokoh dan komunitas yang menginspirasi melalui DXI Award 2024, DXI memberi penghargaan untuk kategori Achievement kepada sosok berprestasi dan menginspirasi di industri olahraga ekstrem.

Dari kategori industri olahraga Freedive penghargaan diberikan kepada Nikita Fima Atriyu yang berhasil memenangkan rekor nasional menyelam 71 meter di bawah laut dalam ajang AIDA Depth World Championship Free Diving 2023. Sementara penghargaan untuk komunitas diberikan kepada Wanadri (Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung) dari industri olahraga Kayaking yang memiliki prestasi dalam Ekspedisi Dayung Jelajah Nusantara (DJN) pengelilingan Flores sejauh 1.059 km di tahun 2023.

DXI 2024 juga telah mengadakan Community Camp sebagai pre-event pada awal Mei ini, yang diikuti oleh lebih dari 250 peserta dari berbagai komunitas. Community Camp diadakan sebagai ajang untuk berbagi pengalaman dan mempererat persahabatan antar komunitas olahraga air dan ekstrem. "DXI 2024 diselenggarakan untuk menciptakan pengalaman yang mendalam dan beragam bagi pengunjung dan lebih memperluas serta merangkul jaringan komunitas dari berbagai jenis olahraga ekstrem, bukan hanya olahraga air tapi juga darat," kata Aquila.

Topik Menarik