6 Senjata Tradisional Lampung, Nomor 3 Usianya Paling Tua

6 Senjata Tradisional Lampung, Nomor 3 Usianya Paling Tua

Travel | BuddyKu | Minggu, 12 Maret 2023 - 16:38
share

BANDARLAMPUNG, iNews.id - Senjata tradisional Lampung ini perlu kamu ketahui. Selain untuk menambah pengetahuan juga untuk mengetahui senjata-senjata tradisional khas provinsi berjuluk Bumi Ruwa Jurai ini.

Senjata tradisional tak hanya dimiliki oleh Lampung. Hampir seluruh provinsi di Indonesia mempunyai senjata tradisional dan biasanya merupakan warisan turun temurun dari pendahulunya.

Senjata tradisional berbeda dengan senjata modern saat ini. Senjata tradisional biasanya hanya bisa digunakan untuk pertarungan jarak dekat, seperti pisau, tombak.

Sementara senjata modern biasanya bisa digunakan pertempuran jarak jauh. Beberapanya senjata api pistol, meriam, senapan.

Meski begitu, untuk saat ini penggunaan senjata tradisional di Lampung masih relevan untuk saat ini. Bukan untuk bertempur, senjata tradisional kini digunakan untuk berkebun, pertukangan hingga seremonial.

Berikut 6 senjata tradisional Lampung:

1. Taji Ayam

Senjata
Senjata tradisional Lampung, Taji Ayam (Facebook)

Taji ayam menjadi senjata tradisional Lampung yang akan diulas. Senjata ini mirip menyerupai pisau namun lebih kecil. Kedua sisi matanya memilik bentuk yang tajam dan bengkok.

Senjata ini biasanya digunakan untuk menikam, atau disebut senjata tikam. Taji ayam terbuat dari besi dengan lapisan baja dengan ukurang sejengkal.

Sementara penutupnya matanya yang tajam dibuat dari campuran kayu dan perak.

2. Betit

Betit bisa disebut juga sebagai panah. Betit terbagi menjadi dua yakni panah berbusur dan panah bentuk senapan.

Untuk menggunakan senjata ini, harus wsapada. Pasalnya panah berbubur ini biasanya memilik racun.

Racun itu dioles di mata anak panahnya sehingga bisa mematikan jika tergores di kulit atau tertusuk di badan hewan maupun maunisa.

Satu lagi, betit senapan. Senjata ini menggunakan kayu yang dibentuk menyerupai senapan angin. Agar dapat digunakan, senapan tadi dilengkapi dengan karet yang berfungsi menarik anak panah ke belakang lalu ditembakkan.

3. Payan

Senjata
Senjata tradisional Lampung, Payan (tradisikita.my.id)

Senjata tradisional Lampung selanjutnya yakni Payan. Payan juga bisa dibilang sebagai tombak. Konon, senjata tradisional ini merupakan senjata paling tua usianya.

Dilansir dari situs purbakala Pugung Raharjo dan situs peninggalan Islam Benteng Sari diketahui, payan biasanya mempunyai gagang sepanjang 150-180cm.

Mata tombaknya runcing dan terbuat dari besi. Payan menjadi salah satu senjata yang digunakan prajurit kerajaan Tulang Bawang.

4. Badik Lampung

Senjata
Senjata tradisional Lampung, Badik Lampung (Kemdikbud)

Lampung ternyata mempunyai badik. Senjata yang diberinama Badik Lampung ini menjadi salah satu senjata yang mempunyai bentuk hampir sama dengan pisau biasa.

Pria di Lampung menganggap senjata ini sebagai lambang kejantanan. Alhasil banyak orang yang selalu membawanya dalam berbagai acara, walaupun belum tentu digunakan.

Senjata tajam ini mempunyai bentuk seperti huruf J atau L. Sementara perbedaan senjata dengan pisau biasa yakni di di mata pisaunya yang berbenuk runcing ke atas.

Bahan senjata ini terbuat dari logam untuk gagang serta sarungnya biasanya bengkok dan terbuat dari kayu.

5. Tarapang

Senjata
Senjata tradisional Lampung, Tarapang (YouTube)

Tarapang atau Tekhapang salah satu senjata tradisional paling terkenal di Lampung. Bentuk terapang mirip dengan keris. Bahkan, Terapang disebut sebagai keris khas Lampung.

Keris khas Lampung ini sudah ada sejak masa Kerajaan Tulang Bawang sekitar abad ke-12. Perbedaannya Tarapang dengan keris yakni di bagian bilahnya yang agak sedikit berlekok.

Tarapang ini kerap dibawa oleh para bangsawan pada zaman dahulu untuk alat menjaga diri. Saat ini, Tarapan digunakan untuk acara ritual adat Lampung seperti acara pernikahan.

Dalam ritualnya, pengantin pria membawa tarapang sebagai lambang keberanian dan tanggung jawabnya terhadap keselamatan istrinya.

6. Candung

Senjata
Senjata Tradisional Lampung, Candung (rumahBUMN)

Senjata tradisional Lampung selanjutnya yakni Candung alias golok. Orang-orang Lampung bahkan masih menggunakan candung.

Candung terdiri dari tiga jenis yakni rampak alu, kawik dan lancip. Candung terbuat dari logam baja serta memiliki panjang 40-50cm. Gagangnya terbuat dari kayu.

Ketiga jenis itu digunakan untuk hal yang berbeda, seperti keperluan di dapur, keperluan berladang hingga untuk berperang serta menyembelih hewan kurban.

Itu beberapa jenis senjata tradisional Lampung. Kamu punya yang mana?

Topik Menarik