Eks Kapolda Jatim akan Dilantik Jadi Sekjen Kemenkumham, Pernah Disorot soal Kanjuruhan

Eks Kapolda Jatim akan Dilantik Jadi Sekjen Kemenkumham, Pernah Disorot soal Kanjuruhan

Terkini | inews | Minggu, 22 September 2024 - 20:49
share

JAKARTA, iNews.id - Irjen Pol Nico Afinta telah dimutasi dan bakal dilantik menjadi sekretaris jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dia sempat disoroti terkait kasus Tragedi Kanjuruhan karena menjadi Kapolda Jawa Timur pada Oktober 2022.

"Benar (Irjen Nico dimutasi jadi Sekjen Kemenkumham)," kata Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas, Minggu (22/9/2024).

Supratman mengungkap Nico yang akan menggantikan posisi Andap Budhi Revianto itu bakal dilantik pada Selasa 24 September 2024.

Sebelumnya Nico sempat menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur, lalu pada Oktober 2022, dia dimutasi menjadi Sahlisosbud Kapolri buntut tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur yang menewaskan 130 orang.

Selanjutnya: Nico Afinta Lama Berkecimpung di Bidang Reserse

Setelah itu, dia menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (STIK Lemdiklat) Polri pada 2023, kemudian dimutasi menjadi Sekjen Kemenkumham pada 2024.

MNC Portal telah mencoba menghubungi Karo Penmas Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu, dan AS SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo terkait pelantikan Irjen Nico, namun keduanya belum merespons hingga berita ini dimuat.

Nico merupakan perwira tinggi Polri yang lama berkecimpung bidang reserse. Selama bertugas di Kepolisian RI, Nico belum pernah menduduki jabatan di wilayah hukum Polda Jatim. Namun, berdasarkan sejumlah dokumen, Nico lahir dan menghabiskan masa remaja di Surabaya.

Topik Menarik