BPIP Ajak Generasi Muda Lestarikan Warisan Budaya

BPIP Ajak Generasi Muda Lestarikan Warisan Budaya

Terkini | okezone | Selasa, 10 September 2024 - 13:27
share

JABAR - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengajak generasi muda untuk melestarikan budaya . Salah satunya, lewat Kirab Alit dan Jamasan Pusaka Keraton Sumedang Larang.

Yudian turut menghadiri Kirab Alit dan Jamasan Pusaka Keraton Sumedang Larang (KSL) di Alun-Alun Sumedang, Jawa Barat pada 5 September 2024 . Selain itu, ada kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Maulid Nabi Muhammad SAW bukan sekadar peringatan kelahiran seorang nabi besar, melainkan menjadi sebuah kesempatan bagi umat Islam untuk mengambil pelajaran dari kehidupan beliau yang penuh kasih sayang, keadilan, dan kepedulian terhadap sesama," ujar Yudian dalam keterangan resmi BPIP, dikutip Selasa (10/9/2024).

Guna memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sejumlah acara budaya digelar seperti pertunjukan tari tradisional, pameran seni, dan bazar makanan. Kemudian, sejumlah pusaka yang dikirabkan juga diiringi tabuhan gamelan serta doa-doa mengelilingi Alun-Alun Sumedang.

"BPIP menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya Kirab Alit dan Jamasan Pusaka yang berjalan dengan lancar dan khidmat," kata Yudian.

Menurut Sri Radya Keraton Sumedang Larang, H.R.I. Lukman Soemadisoeria, menjaga dan melestarikan tradisi tersebut sebagai bagian dari identitas budaya Sumedang merupakan hal yang penting. Tradisi ini bukan sekadar ritual seremonial.

"Tradisi kirab dan jamasan yang kita laksanakan ini bukan sekadar ritual seremonial. Ini adalah upaya kita untuk menghubungkan generasi sekarang dengan kebesaran masa lalu. Kita berharap, melalui acara ini, para generasi muda dapat lebih memahami dan menghargai kekayaan budaya Sumedang, sehingga mereka memiliki rasa tanggung jawab untuk terus menjaga dan melestarikan tradisi ini di masa depan," ujarnya.

Pusaka-pusaka tersebut, menurutnya, merupakan saksi bisu dari perjalanan sejarah Sumedang, yang mencerminkan keteguhan, keberanian, dan kebijaksanaan para pemimpin kita di masa lalu. Untuk itu, ia mengajak semua untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan budaya.

"Marilah kita terus bersinergi menjaga dan melestarikan warisan budaya kita, serta menjadikannya sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan kita sehari-hari," katanya.

Saat menghadiri Alit dan Jamasan Pusaka Keraton Sumedang Larang (KSL) di Alun-Alun Sumedang, Jawa Barat, Yudian Wahyudi, didampingi Deputi Bidang Pengkajian dan Materi, Surahno.

Topik Menarik