Sutiyoso Wanti-wanti Pramono-Rano Jangan Sampai Ada Konflik Bernuasa SARA

Sutiyoso Wanti-wanti Pramono-Rano Jangan Sampai Ada Konflik Bernuasa SARA

Terkini | inews | Jum'at, 6 September 2024 - 01:01
share

JAKARTA, iNews.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mewanti-wanti Pramono Anung-Rano Karno agar jangan sampai terjadi konflik bernuasa suku, agama, ras dan antar-golongan (SARA) di Jakarta. Pesan itu disampaikan Bang Yos saat pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jakarta itu mendatangi rumahnya di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (5/9/2024).

Bang Yos menjelaskan, Jakarta merupakan miniatur Indonesia. Menurutnya, beragam suku, budaya, agama hingga kelas sosial masyarakat berkumpul di Jakarta.

"Nah kondisi itu adalah kondisi yang sangat rawan apabila pemimpinnya tidak bisa menyatukan. Ini saya wanti-wanti, karena kalau terjadi konflik horizontal, apalagi yang nuansanya SARA, itu menjadi runyam nama kita," ucap Bang Yos.

Dia juga berpesan agar pemimpin Jakarta bisa luwes dan bergaul dengan seluruh kalangan.

"Dan bisa mempersatukan keragaman tadi. Itu hal yang sangat penting sekali," ucapnya.

Mantan Jenderal Kopassus ini berharap pemimpin Jakarta bisa melanjutkan program strategis yang telah dicanangkan gubernur sebelumnya. Dengan begitu, pemimpin Jakarta bisa memecahkan masalah-masalah yang ada di Jakarta seperti kemacetan hingga banjir.

"Artinya, saya yakinkan bahwa masalah-masalah klasik seperti banjir, masalah macet, itu bukan tidak bisa diselesaikan, tetapi harus dilanjutkan. Walaupun kadang-kadang makan hati," kata Bang Yos.

Topik Menarik