Pesan Paus Fransiskus di Misa Kudus: Jangan Lelah Bermimpi, Bangun Peradaban Damai!

Pesan Paus Fransiskus di Misa Kudus: Jangan Lelah Bermimpi, Bangun Peradaban Damai!

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 20:40
share

JAKARTA, iNews.id - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, mengajak semua untuk membangun peradaban damai. Hal itu disampaikan Paus dalam Misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (5/9/2024).

Paus dalam homili atau khotbahnya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia meminta umat tidak lelah dalam mewujudkan peradaban tersebut.

"Saudara dan saudari, saya juga hendak berkata kepada Anda, kepada bangsa ini, kepada Nusantara yang mengagumkan dan beraneka ragam ini. Janganlah lelah berlayar dan menebarkan jalamu, janganlah lelah bermimpi dan membangun lagi sebuah peradaban perdamaian!" kata Paus.

Paus mendorong umat untuk menyebarluaskan kasih melalui jalan dialog. Kemudian memperlihatkan kebaikan budi dan hati untuk membangun persatuan dan perdamaian.

"Saya mendorong Anda semua untuk menaburkan kasih, dengan penuh keyakinan menempuh jalan dialog, terus memperlihatkan kebaikan budi dan hati dengan senyum khas yang membedakan Anda untuk menjadi pembangun persatuan dan perdamaian," ucapnya.

Dia meyakini umat Katolik di Indonesia dapat menyebarkan cinta kasih di sekelilingnya. Hal itu juga merupakan keinginan dari para uskup Indonesia. 

"Ini adalah keinginan yang diungkapkan baru-baru ini oleh Uskup-Uskup Indonesia, dan saya juga ingin untuk melibatkan seluruh umat Indonesia. Berjalanlah bersama untuk kebaikan Gereja dan masyarakat! Jadilah pembangun harapan, pengharapan Injil, yang tidak mengecewakan melainkan membuka kita menuju sukacita tanpa akhir," katanya.

Topik Menarik