Ketika Rocky Gerung Sindir 'Penjilat': Relawan Jokowi Silfester Murka, Siapakah Dia?

Ketika Rocky Gerung Sindir 'Penjilat': Relawan Jokowi Silfester Murka, Siapakah Dia?

Terkini | pandeglang.inews.id | Kamis, 5 September 2024 - 07:10
share

JAKARTA, iNewsPandeglang.id Ketegangan antara Rocky Gerung dan relawan Jokowi, Silfester Matutina, mencuri perhatian publik setelah perdebatan sengit di program Rakyat Bersuara dalam Tayangan iNews Live, Selasa (3/9/2024) malam. Silfester merasa tersinggung dengan sindiran Rocky yang menyebut sejumlah pihak harus "menjilat" untuk meraih kesuksesan.

Selama program Rakyat Bersuara, Rocky Gerung mengkritik kebijakan pemerintah dan menyindir bahwa kesuksesan seringkali memerlukan "penjilat." "Tadi saya lewat di eskalator, ada tulisan bunyinya begini 'Success is not free, you have to fight for it,' yang tulis itu siapa Aiman? Pak Hary Tanoesoedibjo. Tapi mungkin ada orang yang salah baca, 'Success is not free, you have to jilat for it'."

Sindiran ini memicu reaksi keras dari Silfester Matutina, yang merasa terlibat dalam sindiran tersebut dan menanggapinya dengan kemarahan. "Anda salah besar bung Rocky, Anda itu pecundang, kami bukan penjilat. Saya ini satu orang yang tidak dapat apa pun dari pemerintah ini, baik jabatan, proyek, dan sebagainya."

Saya mengasihani akademisi ini, karena belum pernah menikah.

Rocky menanggapi pernyataan tersebut dengan merespons bahwa reaksi Silfester justru menunjukkan ciri-ciri penjilat yang dia kritik, Rocky Gerung merespon, "satu ikan kepancing."

Silfester juga menyebut Rocky sebagai "manusia pecundang" yang tidak berguna bagi Republik Indonesia dan menambahkan kata-kata kasar selama debat. Kau b*d*h, g*bl*k.

Reaksi emosional Silfester dan serangan pribadinya menandai ketidakmampuan dalam debat yang elegan, memperburuk suasana dan menjadikan perdebatan tersebut lebih fokus pada serangan pribadi daripada argumen substantif.

Siapakah Silfester Matutina

Silfester Matutina adalah Ketua Umum Solidaritas Merah Putih (Solmet), sebuah organisasi yang mendukung Presiden Joko Widodo. Pria kelahiran Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 19 Juni 1971, ini dikenal sebagai salah satu pendukung setia Jokowi dan sering tampil dalam berbagai forum diskusi mengenai kebijakan pemerintah.

Silfester aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan politik serta vokal dalam mengkritik oposisi. Dia juga terlibat dalam Pilpres 2024 sebagai Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Selain itu, Silfester sempat membela putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, dan istrinya, Erina Gudono, terkait gaya hidup mereka yang dianggap mewah saat berlibur ke Amerika Serikat.

Topik Menarik