Hari Jadi ke-526 Kuningan, Pj Bupati Raden Iip Hidajat Terus Berinovasi Majukan Daerah

Hari Jadi ke-526 Kuningan, Pj Bupati Raden Iip Hidajat Terus Berinovasi Majukan Daerah

Terkini | kuningan.inews.id | Senin, 2 September 2024 - 12:00
share

KUNINGAN,iNewsKuningan.id–Meski baru menjabat sebagai Pj Bupati Kuningan sejak Desember 2023, Dr H Raden Iip Hidajat telah melakukan berbagai terobosan yang mendapat apresiasi dari masyarakat dan aparatur pemerintahan daerah. Apalagi momentum Hari Jadi ke-526 Kuningan ini, Senin (2/9), menjadi refleksi diri untuk terus berinovasi demi kemajuan daerah.

Setelah dilantik pada 4 Desember 2023, Iip Hidajat langsung memulai tugasnya dengan merancang Calendar of Events sepanjang tahun 2024. Kegiatan ini bertujuan mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin, melalui berbagai acara dan festival yang digelar sepanjang tahun.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Festival Durian yang digelar pada Februari 2024, yang tidak hanya menarik ribuan pengunjung dari luar daerah tetapi juga mempromosikan Desa Wisata Cibuntu.

Di bawah kepemimpinannya, Iip juga memperkenalkan tagline Kuningan Beu sebagai identitas pariwisata yang viral hingga saat ini. Kegiatan ini menunjukkan kepiawaiannya, dalam menggabungkan potensi daerah dengan promosi pariwisata.

Selain fokus pada pariwisata, Iip Hidajat meluncurkan program kerja Tri Matra Pj Bupati Kuningan yang diadaptasi dari filosofi hidup orang Sunda: "Silih Asah, Silih Asih, dan Silih Asuh". Program ini berfokus pada peningkatan performa kinerja pemerintah daerah, melalui empat isu utama yakni pengurangan kemiskinan, pengurangan pengangguran, penanggulangan stunting, dan pengendalian inflasi.

 

Dalam upaya melestarikan lingkungan, Iip Hidajat menunjukkan kepeduliannya terhadap Gunung Ciremai, yang dianggap sebagai Menara Air bagi masyarakat Kuningan. Dia bahkan merancang kurikulum Muatan Lokal Gunung Ciremai yang akan diterapkan di seluruh jenjang pendidikan di Kuningan, dari PAUD hingga perguruan tinggi.

Upaya ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan terhadap Gunung Ciremai pada generasi muda. Di sisi lain, inovasi di bidang budaya dan warisan daerah juga mendapat perhatian serius.

Iip Hidajat bersama Dekranasda Kuningan meluncurkan Batik Kamuning, yang kini menjadi motif khas Kabupaten Kuningan. Batik dengan motif utama bunga kamuning ini diharapkan dapat dikenal luas sebagai ciri khas Kuningan.

Iip Hidajat juga berhasil mencatatkan prestasi nasional dengan meraih penghargaan Pemimpin Daerah Awards 2024 dalam kategori inovasi daerah berbasis kearifan lokal, serta Anugerah Inovasi Pembangunan Terpuji dalam kategori Pelestarian Budaya dan Lingkungan.

Dalam upaya menjaga ketertiban kota, Iip Hidajat melakukan revitalisasi dengan merelokasi para pedagang kaki lima ke kawasan Pusat Jajan dan Parkir (Puspa), menciptakan lingkungan yang lebih tertata dan nyaman. Langkah ini mendapat tanggapan positif, meskipun masih memerlukan waktu untuk melihat hasil optimalnya.

Menghadapi musim kemarau, Iip Hidajat mengajak seluruh warga Kuningan untuk berpartisipasi dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan di sekitar Gunung Ciremai. Langkah antisipatif seperti pembuatan sekat bakar dan pembangunan embung sedang dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai upaya pencegahan karhutla.

Kepemimpinan Iip Hidajat di Kabupaten Kuningan telah membawa banyak perubahan positif dan inovatif, dengan harapan masyarakat Kuningan semakin sejahtera dan lingkungannya terjaga.

"Selamat Hari Jadi ke-526 Kuningan, semoga semakin maju. Akur, Makmur, Ngawangun Kuningan," kata Pj Bupati Kuningan.***

Topik Menarik