Kapolda Bali Pastikan Keamanan Selama Gelaran KTT IAF dan HLF

Kapolda Bali Pastikan Keamanan Selama Gelaran KTT IAF dan HLF

Terkini | okezone | Senin, 2 September 2024 - 14:04
share

BALI – Polri memastikan keamanan Pulau Bali terkendali selama gelaran KTT IAF dan HLF 2024 pada 1-3 September. Polri sendiri telah menggelar Operasi Puri Agung II untuk mengamankan event internasional ini.

Kapolda Bali, Irjen Pol Daniel Adityajaya mengatakan, beberapa tempat di Pulau Bali akan dikunjungi delegasi dan wisatawan asing dan obyek pariwisata dipastikan berjalan lancar.

"Sehingga setiap tempat-tempat yang dimungkinkan adanya wisatawan asing khususnya delegasi tetap menjadi pantauan kami, dan memastikan bahwa situasi tetap aman terkendali di Pulau Bali. Pariwisata juga tetap berjalan dengan baik sehingga semua bisa dilaksanakan dan kegiatan bisa berjalan dengan lancar," ujar Daniel, Senin (2/9/2024).

Adapun Polri menggelar operasi terpusat Puri Agung II 2024 untuk mengamankan event internasional ini sejak 31 Agustus kemarin. Baik rute maupun venue yang dilalui delegasi akan diamankan.

"Dari tanggal 31 Agustus kemarin kami sudah melakukan kegiatan yang kami amankan diantaranya adalah kedatangan para tamu di Bandara, di perjalanan, disetiap rute yang dilalui juga terhadap semua venue yang dipakai untuk kegiatan tersebut," ucap Daniel.

 

Dikatakan Daniel, ada wisatawan yang masih tinggal di Bali hingga tanggal 4 September 2024 usai gelaran IAF. Karena itu, mulai tanggal 4 September 2024 Polda Bali melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD).

"Akan ada sebagian besar yang melakukan kepulangan ke negara asal tanggal 4 September dan ada juga yang melakukan kepulangan hari ini tanggal 2 September. Mungkin ada juga yang tinggal di Bali untuk menikmati indahnya Pulau Dewata," jelasnya.

Kapolda mengapresiasi mas masyarakat Bali atas dukungan penyelenggaraan IAF. Namun di sisi lain, ia memohon maaf apabila ada aktivitas masyarakat yang tersendat sementara. 

Kapolda menjanjikan sebisa mungkin penutupan dan pengalihan arus lalu lintas tidak memakan waktu lama.

"Sehingga kita semua bisa menyaksikan dan bisa semakin melihat masyarakat dunia bahwa kita siap khususnya di Pulau Bali, masyarakat Bali mendukung. Khususnya juga ini akan meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional dan juga pariwisata di Bali," pungkasnya.

Topik Menarik