Cara RI Perkuat Keselamatan dan Keamanan Maritim

Cara RI Perkuat Keselamatan dan Keamanan Maritim

Terkini | okezone | Minggu, 1 September 2024 - 10:19
share

JAKARTA - Pemerintah Indonesia memperkuat keselamatan dan keamanan maritim peningkatan auditor ISPS code. Hal ini untuk menjaga keamanan maritim Indonesia serta meningkatkan citra positif di dunia internasional.

Direktur KPLP Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Jon Kenedi menekankan pentingnya penerapan dan konsistensi dalam menjalankan ISPS code di kapal dan fasilitas pelabuhan Indonesia.

"ISPS Code merupakan aturan yang menekankan tindakan pengamanan untuk mencegah masuknya orang yang tidak berkepentingan ke kapal dan fasilitas pelabuhan. Kapal yang telah comply dengan ISPS Code memiliki ISSC, sementara fasilitas pelabuhan yang comply memiliki SoCPF, sebuah pernyataan pemenuhan keamanan yang diperoleh setelah verifikasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (1/9/2024).

Dia mengingatkan pentingnya mempertahankan sikap konsisten dalam penerapan ISPS Code untuk memastikan keamanan di pelayaran Indonesia.

"Sikap konsisten dari kapal dan fasilitas pelabuhan yang telah comply ISPS Code harus terus dipertahankan guna meminimalisir ancaman keamanan. Ini penting tidak hanya bagi pengguna jasa maritim nasional, tetapi juga masyarakat maritim internasional," tambahnya.

Selain itu, ia menyoroti perlunya komunikasi dan koordinasi yang baik antara Koordinator Port State Control (PSC) dengan kapal, fasilitas pelabuhan, serta instansi pemerintah terkait dalam menangani insiden keamanan.

Topik Menarik