Duh! Elang Botak Kesulitan Terbang karena Kekenyangan Telan Rakun

Duh! Elang Botak Kesulitan Terbang karena Kekenyangan Telan Rakun

Terkini | okezone | Rabu, 28 Agustus 2024 - 17:18
share

SEEKOR elang botak sulit terbang kembali usai melahap rakun. Burung yang berada di kandang itu dilaporkan terluka sebelum akhirnya dinyatakan terlalu banyak makan sehingga badannya menjadi gemuk sehingga kesulitas terbang. 

Mengutip New York Post, elang botak itu dilaporkan terluka oleh Departemen Konservasi Missouri. Pihak terkait mendapat laporan bahwa seekor elang botak di Wilson's Creek National Battlefield mengalami masalah, namun ternyata hewan itu hanya kelebihan berat badan akibat makan terlalu banyak. 

"Burung itu, yang awalnya dilaporkan terluka, ternyata sehat tetapi penuh dengan (rakun), dengan kata lain, terlalu gemuk untuk terbang," ungkap pihak berwenang seraya memperlihatkan foto sinar-X yang memperlihatkan kaki rakun yang belum dicerna dan masih berada dalam perutnya. 

"Elang itu telah direhabilitasi dan dilepaskan kembali ke taman," lanjutnya. 

Meski Rumah Sakit Hewan VCA melaporkan bahwa burung beo Amazon, parkit, kakatua, dan burung macaw adalah burung yang dapat berjuang melawan obesitas. Namun burung yang tidak dijinakkan sering kali memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan burung peliharaan. 

 

“Burung liar sering berolahraga selama aktivitas harian, seperti terbang untuk menghindari predator, bermain dengan anggota kawanan lainnya, mencari makanan, dan mencari pasangan,” sebut departemen tersebut. 

Perubahan pola makan dengan mengutamakan buah-buahan dan sayuran adalah cara yang paling tepat bagi burung untuk menurunkan berat badan. Dengan kata lain, simbol Amerika di negara bagian Show Me ini benar-benar telah mencapai puncak baru dengan kemerosotannya. 

Topik Menarik