1.676 Personel Gabungan Diterjunkan Kawal Demo Partai Buruh di KPU

1.676 Personel Gabungan Diterjunkan Kawal Demo Partai Buruh di KPU

Terkini | inews | Minggu, 25 Agustus 2024 - 09:51
share

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 1.676 personel gabungan diterjunkan untuk mengawal aksi demonstrasi Partai Buruh di depan Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (25/8/2024). Personel gabungan berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemprov DKI Jakarta dan instansi terkait. 

"Dalam rangka pengamanan beberapa objek vital kami melibatkan sejumlah 1.676 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro melalui keterangan tertulis, Minggu (25/8/2024).

Dia mengatakan, penutupan arus lalu lintas saat demo berlangsung bersifat situasional. Rekayasa akan dilakukan mempertimbangkan dinamika di lapangan.

"Bila nanti di sekitar objek vital ada massa cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," ujarnya.

Susatyo meminta kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengutamakan negosiasi dan pelayanan secara humanis.

Selain itu, Susatyo mengimbau kepada para koordinator lapangan (korlap) dan peserta aksi untuk berunjuk rasa dengan santun, tidak anarkis, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan dapat berjalan aman dan tertib.

"Personel yang terlibat pengamanan tidak ada yang membawa senjata api dan tetap menghargai massa aksi yang akan menyampaikan pendapatnya," kata dia.

Diketahui, Partai Buruh bakal kembali berunjuk rasa, Minggu (25/8/2024). Mereka akan berdemonstrasi di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus).

Para buruh menuntut KPU segera menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) terkait pilkada yang mengakomodasi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas pencalonan kepala daerah.

“Tuntutan terbitkan segera PKPU terhadap Keputusan MK No. 60/PUU-XXII/2024,” kata Presiden Partai Buruh, Said Iqbal dalam keterangannya yang diterima Minggu (25/8/2024).

Said mengatakan, aksi ini akan digelar serentak di kantor KPU dan Kantor KPU daerah di seluruh Indonesia.

“Pukul 10.00 WIB di KPU RI. Aksi tersebut akan melibatkan seluruh elemen anggota Partai Buruh, serikat buruh, sayap Partai Buruh dan komponen masyarakat,” ujarnya.

Topik Menarik