Fasilitas Gedung DPRD Malang Rusak Imbas Demo Tolak Revisi UU Pilkada

Fasilitas Gedung DPRD Malang Rusak Imbas Demo Tolak Revisi UU Pilkada

Terkini | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 18:58
share

MALANG, iNews.id – Sejumlah fasilitas Kantor DPRD Kota Malang rusak imbas aksi demonstrasi menolak revisi Undang-Undang Pilkada, Jumat (23/8/2024). Demo tersebut digelar massa gabungan dari aliansi mahasiswa dan masyarakat sipil Kota Malang.

Pantauan di Kantor DPRD Kota Malang, pintu masuk bagian barat roboh didobrak para demonstran. Kaca pos pengamanan di sisi timur juga mengalami kerusakan. 

Beberapa tembok di bagian depan kantor juga kotor terkena lemparan batu, botol plastik, hingga potongan besi. Taman di kawasan halaman Gedung DPRD Kota Malang juga berantakan.

Aksi demonstrasi pada Jumat sore memang sempat diwarnai kericuhan. Massa yang menggunakan pakaian hitam dan tidak menggunakan jas almamater kampus, yang diduga bukan bagian kelompok demonstran sempat berkonfrontasi dengan aparat kepolisian.

Beberapa di antara massa itu nekat memasuki ke area halaman gedung dewan begitu pagar besi dirobohkan. Mereka sempat masuk ke area halaman sebelum akhirnya dihalau oleh kepolisian keluar area Dewan.

Aksi demonstrasi mulai kondusif menjelang pukul 17.00 WIB. Perwakilan demonstran sejumlah 50 orang diterima masuk ke lobi depan kantor perwakilan rakyat Kota Malang untuk beraudiensi dan negosiasi.

Proses negosiasi memang sempat alot. Hal ini sempat membuat massa aksi memanas sekitar pukul 17.36 WIB. Beberapa lemparan dari arah luar sempat nyaris mengenai pejabat DPRD Kota Malang.

Topik Menarik