BMKG Prakirakan 25 Wilayah Diguyur Hujan hingga 28 Agustus, Ini Daftarnya

BMKG Prakirakan 25 Wilayah Diguyur Hujan hingga 28 Agustus, Ini Daftarnya

Terkini | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 09:33
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang hingga 28 Agustus 2024. Sedikitnya 25 wilayah di Indonesia diprakirakan bakal diguyur hujan.

Peningkatan potensi hujan ini dipengaruhi oleh aktivitas fenomena cuaca global, berupa gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan MJO; daerah pertemuan dan pelambatan angin; serta labilitas atmosfer yang menciptakan kondisi udara labil dan meningkatkan potensi pembentukan awan hujan, kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangannya, Jumat (23/8/2024).

Dia meminta masyarakat waspada dan mengantisipasi potensi cuaca ekstrem tersebut.

Ada baiknya senantiasa meng-update informasi cuaca sebelum berkegiatan di luar ruang. Selalu sedia payung sebelum hujan, kata dia.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani menyatakan aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) serta fenomena Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial berdampak pada meningkatnya ketersediaan massa uap air basah. Fenomena ini memicu gangguan pola angin yang dapat mendukung pertumbuhan awan hujan.

Secara bersamaan, kecepatan angin di selatan ekuator dengan arah dominan timur ke tenggara meningkat. Hal ini menyebabkan pertemuan dan pelambatan kecepatan angin (konvergensi) di beberapa wilayah utara ekuator.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Peningkatan kecepatan angin hingga mencapai di atas 25 knot terpantau di Papua Selatan bagian selatan, Laut Arafura, Laut Banda, Maluku bagian tenggara, Laut Jawa bagian timur, dan Laut Seram yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah sekitar perairan tersebut, ujar dia.

Menurut dia, masyarakat perlu mewaspadai peningkatan kecepatan angin khususnya di wilayah Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Berikut daftar 25 wilayah yang berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat disertai petir atau angin kencang pada 23-28 Agustus 2024:

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Kepulauan Riau
  6. Bengkulu
  7. Nusa Tenggara Timur
  8. Kalimantan Barat
  9. Kalimantan Tengah
  10. Kalimantan Timur
  11. Kalimantan Utara
  12. Kalimantan Selatan
  13. Sulawesi Utara
  14. Gorontalo
  15. Sulawesi Tengah
  16. Sulawesi Barat
  17. Sulawesi Tenggara
  18. Sulawesi Selatan
  19. Maluku Utara
  20. Maluku
  21. Papua Barat
  22. Papua Barat Daya
  23. Papua
  24. Papua Tengah
  25. Papua Selatan
Topik Menarik