Ternyata Kandungan Emas di Uang Koin Ini Lebih Banyak Dibanding Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Ternyata Kandungan Emas di Uang Koin Ini Lebih Banyak Dibanding Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Terkini | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 13:07
share

JAKARTA - Ternyata kandungan emas di uang koin ini lebih banyak jika dibandingkan medali emas Olimpiade Paris 2024 .

Medali emas Olimpiade Paris 2024 tidak sepenuhnya terbuat dari emas. Hanya sekira 6 gram emas murni atau 1,3 yang terkandung dalam medali dengan berat 529 gram ini.

Sisanya atau lebih dari 95,4 atau 505 gram terbuat dari perak murni. 6 gram merupakan emas murni yang berfungsi sebagai pelapis medali dan 18 gram berasal dari besi Menara Eiffel yang sudah dimurnikan. Lapisan emas tipis di permukaan medali cukup untuk memberikan kesan mewah dan eksklusif.

Oxford Economics memperkirakan nilai medali emas Olimpiade Paris sebesar 950 atau setara Rp16 juta. Hitungannya sejalan dengan nilai pasar emas 24 karat dan perak murni per gram saat ini.

Kenapa medali emas Olimpiade tidak emas murni? Jawabannya terkait dengan kebijakan penghematan yang diterapkan setelah Perang Dunia I. Sejak Olimpiade Antwerp 1920, kadar emas dalam medali mulai diturunkan. Meski demikian, kilauan dan prestise medali emas tetap dipertahankan.

Namun, jika dibandingkan dengan uang koin emas dari Indonesia, ternyata kandungan emasnya lebih besar dibanding medali emas Olimpiade Paris 2024. Berikut ini ulasannya:

Topik Menarik