Airlangga Mundur dari Ketum Golkar, Agus Gumiwang Plt Ketum Sementara

Airlangga Mundur dari Ketum Golkar, Agus Gumiwang Plt Ketum Sementara

Terkini | lombok.inews.id | Minggu, 11 Agustus 2024 - 14:30
share

JAKARTA, iNewsLombok.id - Menteri Koordinator Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto resmi mengundurkan diri dari jabatannya dikutip dari iNews.id, Minggu (11/8/2024) dan sementara akan menjabat sebagai Plt Agus Gumiwang.

Airlangga mengakui langkah ini diambil untuk menjaga keutuhan partai dan memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan datang.

Dalam pernyataannya, Airlangga menyampaikan pengunduran diri ini efektif sejak Sabtu malam, 10 Agustus 2024. 

"Setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat, maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim," ujar Airlangga dalam keterangan video yang diterima iNews, Minggu (11/8/2024).

 

Airlangga juga menekankan pentingnya menjaga soliditas dan kesinambungan di tubuh partai, terutama dalam menghadapi dinamika politik yang semakin kompleks. 

"DPP Partai Golkar akan segera menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan ketentuan AD/ART organisasi yang berlaku. Semua proses ini akan dilakukan dengan damai, tertib, dan dengan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar," tegasnya.

Sebagai salah satu partai politik terbesar di Indonesia, Airlangga menyebut telah mempunyai pencapaian signifikan, termasuk dalam Pemilu 2024 dengan merebut 102 kursi di DPR serta ratusan kursi di berbagai tingkat parlemen di seluruh Indonesia. 

Ia menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada seluruh kader dan simpatisan Partai Golkar, serta kepada para tokoh senior partai yang telah mendukung dan membimbingnya selama memimpin Golkar. 

"Saya yakin, seluruh prestasi yang telah kita capai bersama sejauh ini akan terus dilanjutkan dengan lebih baik lagi," ungkapnya.

Ketua Umum Airlangga Hartarto mundur dari jabatannya. Agus Gumiwang akan menjabat sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar.

"Iya (Airlangga mundur) nanti diumumkan di konpers," kata Politisi Partai Golkar Andi Sinulingga saat dihubungi, Minggu (11/8/2024).

Andi menyebut Bahlil Lahaladia akan menjadi Ketua Umum Partai Golkar definitif. Keputusan itu, akan dilakukan dalam Munas Golkar.

"Plt-nya agus gumiwang. Nanti Munas secepatnya, nanti bahlil ketua umum," kata Andi.

Topik Menarik