Maggot Jadi Solusi Atasi Sampah di Desa Padaluyu Cugenang

Maggot Jadi Solusi Atasi Sampah di Desa Padaluyu Cugenang

Terkini | cianjur.inews.id | Kamis, 30 Mei 2024 - 12:10
share

CIANJUR , iNewscianjur . id - Pemerintah Desa (Pemdes) Padaluyu Kecamatan Cugenang belakangan ini tengah mengoptimalkan pengelolaan sampah di wilayahnya dengan cara berintegrasi.

"Sebagai pilot projek pengelolaan sampah dilakukan di RW 3, warga diberikan penyuluhan-penyuluhan bagaimana cara sampah menjadi manfaat," ujar Kepala Desa (Kades ) Padaluyu Neng Susilawati kepada iNewscianjur.id di kantornya, Kamis (30/5/2024)

Untuk itu sambung Kades Padaluyu, warga diminta untuk memilah dan memilih sampah,
jenis sampah anorganik seperti plastik, kardus dan besi dikumpulkan selanjutnya dijual melalui Karangtaruna atau TP PKK hasilnya di tabung dan bisa untuk membayar PBB.

Sampah organiknya dipinta oleh Pemdes untuk digunakan pakan Manggot dan budi daya Lele, maka warga perlu menampung sementara dan dua hari sekali diangkut Destana yang terintegrasi dengan TP PKK.

"Sedangkan sampah barang pecah seperti kaca ataupun botol diimbau untuk dikubur," tukasnya

Selain itu, Pemdes Padaluyu tengah menggalakan Maggot dan ikan lele sedangkan BPD menggodog Peraturan Desa (Perdes) Pengelolaan sampah.

"Setelah jadi Perdes baru sosialisasi karena kita ingin ada dukungan dari masyarakat dalam kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Jika ngeyel dan ketahuan membuang sampah sembarangan ancamannya kena denda," cetusnya

Ia menambahkan bahwa di Desa Padaluyu ada swadaya masyarakat dengan iuran sebulannya Rp.2000,-per KK dan sudah berlangsung dari tahun 2013.

Sesuai dengan Perdes, iuran tersebut antara lain diperuntukan K3 sebesar Rp.1000,- termasuk operasional pengelolaan sampah dan upah 18 orang kebersihan lingkungan yang ditugaskan di jalan desa dan jalan Kabupaten, sedangkan Rp.1000 lagi untuk Dana Sehat misalnya menggunakan ambulan secara gratis untuk mengantar warga sakit ataupun yang meninggal.

Akhir kata Ia berharap di tahun 2025 pihaknya bisa menganggarkan semua RW yang ada di wilayah Desa Padaluyu untuk mengikuti RW 3 dalam mengoptimalkan pengelolaan sampah dengan baik dan bermanfaat untuk kita semua, katanya.

Topik Menarik