10 Lubang Terdalam di Bumi, Nomor 8 Dipercaya sebagai Istana Kerajaan Jin

10 Lubang Terdalam di Bumi, Nomor 8 Dipercaya sebagai Istana Kerajaan Jin

Teknologi | sindonews | Senin, 2 September 2024 - 14:50
share

Sebuah Fenomena Geologi, lubang runtuhan terus menarik perhatian para ilmuwan dan masyarakat karena keajaiban alamnya memang menakjubkan dan berpotensi menimbulkan dampak buruk hingga merenggut nyawa.

BACA JUGA - 5 Lubang Terdalam di Bumi, Nomor Terakhir Paling Mengeri

Kemunculan lubang misterius mulai dari permukaan laut hingga rongga daratan menuai banyak pertanyaan karena ciri-cirinya yang tidak biasa.

Hal ini jelas menunjukkan tentang sifat bumi yang selalu berubah.

Berikut 10 lubang terdalam di bumi yang terkenal di dunia dengan kisah menariknya masing-masing, asal usul geologi yang unik, dan dampaknya terhadap lanskap sekitarnya.

1. Lubang Biru Besar (Belize)

Ini adalah lubang runtuhan bawah air yang terkenal di dunia dan juga merupakan lokasi eksplorasi ikonik bagi para penyelam. Keajaiban laut ini terletak di lepas pantai Belize, di jantung Lighthouse Reef Atoll di perairan Laut Karibia. Diameternya sekitar 300 meter (m) dengan kedalaman 124m.

2. Lubang Biru Dean (Bahama)

Keajaiban alam ini adalah lubang pembuangan terdalam yang dikenal sebagai 'lubang biru' dengan kedalaman lebih dari 200m. Letaknya di Long Island dengan airnya yang jernih menarik perhatian para penyelam yang ingin menjelajahi misteri dan keindahan yang menakjubkan.

3. Lubang Surgawi Xiaozhai (China)

Terletak di distrik Fengjie dan juga dikenal sebagai Xiaozhai Tiankeng. Lubang runtuhan dengan dimensi unik ini berdiameter lebih dari 511m dan memiliki kedalaman yang sama. Dikelilingi oleh vegetasi yang subur dan tebing kapur yang curam dan digambarkan sebagai keajaiban geologis.

4. Lubang Tenggelam Setan (AS)

Lubang runtuhan gua berdinding vertikal yang muncul di Amerika Serikat (AS) ini menjadi bukti terbentuknya fenomena geologi di Texas. Terletak di daerah Edwards dan bentuknya yang unik telah menjadi habitat koloni besar kelelawar 'ekor bebas' serta tujuan utama para pecinta alam.

5. Gunung Gambier (Australia Selatan)

Tempat ini terkenal dengan kombinasi unik antara aktivitas gunung berapi dan lubang runtuhan. Di antara fitur yang paling terkenal adalah Danau Biru serta lubang runtuhan Umpherston yang merupakan gua batu kapur yang telah diubah menjadi 'taman cekung' dengan vegetasi subur dan formasi batuan yang menarik.

6. Danau Merah (Kroasia)

Keajaiban alam ini juga dikenal sebagai Crveno Jezero yang terletak di jantung Dalmatian Hinterleand. Lubang runtuhan ini merupakan yang terbesar di dunia dan namanya diambil dari tebing kemerahan yang mengelilinginya. Hal ini juga menawarkan kesempatan unik untuk mengeksplorasi keterkaitan antara sistem akuifer permukaan dan bawah tanah.

7. Sima Humboldt dan Sima Martel (Venezuela)

Lubang runtuhan kembar, Sima Humboldt dan Sima Martel terletak di daerah terpencil di Chimantá Massif. Lubang runtuhan ini merupakan salah satu yang terdalam di dunia, dikelilingi oleh hutan hujan lebat dan hutan belantara yang belum dijelajahi.

8. Lubang Kemuliaan Raksasa, Bendungan Monticello (AS)

Lubang runtuhan buatan di Bendungan Monticello di California ini menampilkan kecerdikan teknik dan keindahan alam. Lubang pelimpah berdiameter 22m ini dibangun untuk mengelola kelebihan air di Danau Berryessa seperti 'pusaran air raksasa'.

9. Lubang runtuhan Guatemala Kota Guatemala

Peristiwa geologis yang penuh gejolak pada tahun 2010 ini menarik perhatian dunia karena mengubah lanskap ibu kota Guatemala. Sinkhole berdiameter 20m dan kedalaman lebih dari 30m ini muncul secara tiba-tiba setelah hujan deras terus menerus dan kejadian pipa saluran pembuangan pecah sehingga menyebabkan sedimentasi tanah.

10. Sotano de las Golondrinas (Meksiko)

Gua Burung Walet yang terletak di kawasan Huasteca Potosina merupakan lubang runtuhan raksasa dengan dinding vertikal yang tenggelam hingga kedalaman sekitar 370m. Namanya diambil dari habitat sekelompok besar burung walet dan pelikan hijau, serta menjadi fokus utama para penggemar petualangan.

Topik Menarik