Misteri Batu Altar Stonehenge Seberat 6 Ton Akhirnya Terungkap

Misteri Batu Altar Stonehenge Seberat 6 Ton Akhirnya Terungkap

Teknologi | sindonews | Kamis, 15 Agustus 2024 - 11:44
share

Monumen Stonehenge di Salisbury Plain, Wiltshire, Inggris, hingga kini masih diselimuti misteri tentang asal usul dan tujuan pembuatannya. Namun, baru-baru ini sekelompok ilmuwan berhasil menjawab sebagian teka-tekinya.

Asal mula batu terbesar dari bluestones yang membentuk lingkaran dalam di Stonehenge atau Batu Altar akhirnya terjawab sudah. Mulanya, para ilmuwan mengira batu berukuran 6 ton ini berasal dari Wales barat dan dipindahkan sekitar 125 mil ke Stonehenge. Namun, berdasarkan analisis terbaru, Batu Altar ternyata berasal dari Skotlandia.

“Analisis kami menemukan butiran mineral tertentu di Batu Altar yang umurnya sebagian besar antara 1.000 hingga 2.000 juta tahun, sementara mineral lainnya 450 juta tahun. Ini memberikan sidik jari kimia yang jelas menunjukkan batu tersebut berasal dari batuan di Cekungan Orcadian, Skotlandia, setidaknya 750 kilometer dari Stonehenge,” kata Anthony Clarke, penulis utama makalah yang diterbitkan di jurnal Nature, dilansir dari Arstechnica.

Stonehenge terdiri dari lingkaran luar yang terdiri dari lempengan pasir vertikal (batu sarsen), yang terhubung di atasnya dengan batu lintel horizontal. Ada juga lingkaran dalam dari bluestones yang lebih kecil dan, di dalam lingkaran itu, beberapa trilithon berdiri bebas (sarsen yang lebih besar yang dihubungkan oleh satu lintel).

Penanggalan radiokarbon menunjukkan lingkaran dalam dari bluestones dipasang antara tahun 2400 dan 2200 SM. Namun, susunan berdiri dari batu sarsen tidak didirikan hingga sekitar 500 tahun setelah bluestones.

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Tujuan Orang Kuno Membangun Stonehenge

Tidak ada catatan mengenai konstruksi monumen ini dan para ilmuwan telah memikirkan kemungkinan penggunaan dan signifikansi budaya Stonehenge selama berabad-abad.

Pada tahun 2019, Parker Pearson dan ilmuwan lain melaporkan hasil investigasi mengenai sumber tambang bluestones. Mereka menemukan 42 bluestones berasal dari Wales barat. Analisis kimia bahkan mencocokkan beberapa dari mereka dengan dua tambang tertentu di lereng utara Bukit Preseli.

Satu tambang, sebuah formasi bernama Carn Goedog, tampaknya telah memasok sebagian besar dolerit abu-abu kebiruan dengan bintik putih di Stonehenge. Dan formasi lainnya di lembah di bawahnya, Craig Rhos-y-felin, memasok sebagian besar riolit. Ketika kelompok arkeolog lainnya mempelajari rasio isotop kimia pada sisa-sisa cremated orang-orang yang pernah dikuburkan di bawah bluestones, peneliti tersebut menemukan bahwa banyak dari orang-orang tersebut mungkin berasal dari bagian Wales yang sama antara 3100 dan 2400 SM.

Namun, batu sarsen berasal dari tempat yang jauh lebih dekat. Sejak tahun 1500-an, sebagian besar ilmuwan Stonehenge telah menganggap batu sarsen berasal dari Marlborough Downs, area perbukitan rumput 25 hingga 30 km utara Stonehenge, yang memiliki konsentrasi sarsen terbesar di Inggris. Sebuah studi tahun 2020 oleh arkeolog University of Brighton, David Nash, dan rekan-rekannya mengonfirmasi hal ini.

Sebanyak 50 sarsen berbagi sidik jari kimia yang sangat mirip, yang berarti mereka kemungkinan semua berasal dari tempat yang sama, kemungkinan besar satu situs di Marlborough Downs tenggara: West Woods, sekitar 25 km utara Stonehenge dan hanya 3 km selatan tempat sebagian besar studi sebelumnya mencari tambang sarsen Neolitik. Dua sarsen yang tersisa berasal dari dua tempat yang berbeda, yang belum dapat ditentukan oleh para arkeolog.

Baca Juga: Kalender Matahari Stonehenge Belanda Ditemukan, Berusia 4.000 Tahun

Penemuan Menakjubkan

Namun, Batu Altar tampaknya unik. Ditunjuk sebagai Batu 80 dalam literatur ilmiah dan berasal dari sekitar 2600 SM, batu ini terletak telentang dengan megalit sarsen (Batu 55) di atasnya, kemungkinan telah jatuh melintang di atas Batu Altar pada suatu titik dalam sejarah Stonehenge.

Batu Altar beratnya sekitar 6 ton dan terakhir kali digali pada tahun 1950-an. Para ilmuwan sebelumnya berpikir bahwa litologi yang tidak biasa berarti batu ini kemungkinan berasal dari sandstone merah tua di barat Wales, dekat tempat sebagian besar bluestones di Stonehenge bersumber.

Tahun lalu, Richard Bevins dari Aberystwyth University di Wales menulis makalah yang mempertanyakan asumsi bahwa Batu Altar berasal dari Wales dan karenanya termasuk dalam kelompok megalit bluestone.

Bevins dan rekan-rekannya memeriksa sampel baru menggunakan petrografi yang dipadukan dengan pencitraan fluoresensi sinar-X dan spektroskopi Raman dan menemukan kandungan barium yang sangat tinggi, yang tidak konsisten dengan sandstone merah Wales. Mereka menyarankan untuk mengklasifikasikan kembali Batu Altar dari bluestone dan memutuskan untuk memperluas penelitian mereka ke Inggris utara.

Bevins dan dua rekan penulisnya pada tahun 2023 juga merupakan penulis pada studi terbaru ini. Tim tersebut mengambil sampel dari dua fragmen Batu Altar dan memeriksa usia serta kimia butiran zircon, apatite, dan rutile menggunakan mikroskop optik dan mikroskop elektron pemindaian, bersama dengan analisis isotop. Mereka melakukan hal yang sama untuk sampel sandstone merah tua dari timur laut Skotlandia untuk perbandingan.

Mereka menemukan bahwa zircon berusia sekitar 1 miliar tahun, sementara apatite dan rutile berusia 470 juta tahun—komposisi yang berbeda dari komposisi batu Stonehenge lainnya. Dengan membandingkan temuan mereka dengan basis data global dari sidik jari kimia batu di seluruh dunia, tim menyimpulkan Batu Altar paling cocok dengan batu dari Cekungan Arcadian di timur laut Skotlandia. Penulis bersama Rob Ixer dari University College London menyebut penemuan ini menakjubkan.

Baca Juga: Arkeolog Temukan Kuburan Kuno Berusia 4.500 Tahun di Stonehenge

Mereka belum dapat mempersempitnya ke satu situs, tetapi kandidat yang paling mungkin adalah Orkney, jalur pesisir sempit yang membentang selatan ke Moray Firth dekat Inverness, dan area segitiga dekat John o'Groats di Caithness.

Kemungkinan kecil Batu Altar berasal dari sandstone merah tua di Shetland. Penulis bersama Nick Pearce, seorang geolog di Aberystwyth University, mengatakan kemungkinan batu tersebut berasal dari lokasi lain adalah "fraksi persen."

Jadi bagaimana batu seberat 6 ton ini bisa sampai dari Skotlandia ke Stonehenge? Clarke dan rekan-rekannya mengatakan terlalu sulit untuk mengangkut Batu Altar melalui darat, mengingat hambatan topografi. Mereka meyakini batu ini mungkin telah diangkut melalui laut.

Namun, arkeolog Mike Pitts, tidak setuju dan mengatakan bahwa transportasi darat lebih mungkin dan meski memakan waktu bertahun-tahun. "Jika meletakkan batu di kapal laut, tidak hanya berisiko kehilangan batu tersebut, tetapi juga tidak ada yang bisa melihatnya," katanya. Dia berpikir transportasi darat "sangat mungkin dilakukan dengan teknologi Neolitik."

Bagaimanapun, penemuan terbaru ini memiliki beberapa implikasi menarik untuk tingkat organisasi masyarakat di wilayah ini selama periode Neolitik, menunjukkan bahwa konstruksi Stonehenge adalah usaha kolaboratif yang jauh lebih besar dan Inggris Neolitik jauh lebih terhubung dan maju—daripada yang diperkirakan sebelumnya.

"Selama ini telah diketahui bahwa bluestones berasal dari Wales, tetapi ini mengidentifikasi hubungan dengan bagian Britania yang sangat berbeda, dan secara signifikan lebih jauh dari Stonehenge," kata Pitts.

"Jadi ini menunjukkan bahwa situs tersebut dikenal tidak hanya oleh orang-orang di selatan, tetapi di wilayah yang jauh lebih luas. Dan itu membuka saran untuk seluruh cara kita memikirkan Inggris Neolitik."

Topik Menarik