Mengapa Jepang Disebut Sarang UFO Nomor 1 Dunia?

Mengapa Jepang Disebut Sarang UFO Nomor 1 Dunia?

Teknologi | sindonews | Senin, 2 September 2024 - 08:00
share

Tahun ini menandai peringatan 50 tahun penampakan UFO paling terkenal di Jepang, tepatnya di Kofu, Prefektur Yamanashi. Sejak saat itu banyak temuan serupa sehingga Jepang disebut sarang UFO.

Popular Mechanics melansir sejarah penampakan UFO di Jepang, Senin (2/9/2024) ketika dua anak laki-laki mengklaim bertemu dengan alien setelah melihat piring terbang. Sebuah penampakan mini UFO kabarnya tertangkap di Prefektur Kochi pada 1972. Beberapa penampakan pada 1974 di Prefektur Hokkaido melengkapi apa yang disebut penggemar UFO sebagai "tiga besar" insiden UFO klasik di Jepang.

Sepanjang 1970-an, penduduk di dan sekitar kota Iino, dekat Gunung Senganmori juga melaporkan penampakan yang sering terjadi yang dikaitkan dengan kekuatan spiritual dan magnetis di wilayah tersebut. Prefektur Fukushima terus menarik perhatian terkait UFO, terutama dalam beberapa dekade terakhir.

Bahkan, sejumlah penampakan UFO baru-baru ini di Jepang terjadi di sekitar fasilitas nuklir. Forum online dan akun YouTube penuh dengan deskripsi dan video tentang cahaya yang bergerak dan fenomena anomali tak dikenal (istilah modern untuk UFO) di langit Fukushima setelah bencana nuklir yang terjadi pada 2011.

Ketika laporan tentang fenomena anomali tak dikenal (UAP) mulai mengalir dari fasilitas nuklir atau pertahanan suatu negara, tampaknya pemerintah mulai menanggapi ancaman ini dengan lebih serius.

Baca Juga: Sepanjang 2021, Jepang Catat 452 Penampakan UFO Alien

Pejabat Jepang bertemu pada 28 Mei 2024 lalu untuk mengumumkan pembentukan lebih dari 80 anggota kelompok bipartisan yang akan menyelidiki peningkatan penampakan UAP di dalam negeri, terutama di wilayah Fukushima. Badan investigasi baru ini muncul setelah Angkatan Laut AS tahun lalu—mengungkapkan pengalaman para pilot dengan pesawat yang mampu melakukan manuver yang mustahil—dan investigasi Kongres terhadap laporan tersebut. Akibatnya, Departemen Pertahanan AS menciptakan All-Domain Anomaly Resolution Office (AARO) pada Juli 2022 untuk mengkaji lebih serius ancaman yang mungkin ditimbulkan oleh UAP.

Demikian pula, respons Jepang terhadap penampakan yang terus berlanjut di Negeri Matahari Terbit menunjukkan bagaimana cahaya-cahaya di langit sekarang dianggap sebagai ancaman keamanan nasional yang layak untuk diselidiki secara resmi. Namun, itu tidak berarti bahwa mengungkap kebenarannya akan mudah.

Alien, Drone, Burung, atau Mitos

Fisikawan dan profesor di Universitas Harvard Avi Loeb, Ph.D. mengapresiasi pendekatan Jepang yang melihat penampakan UFO dengan lebih serius. "Di bidang UAP, ada skeptis dan ada yang percaya. Sayangnya, tidak ada dari mereka yang melakukan kerja keras," katanya.

Maka, ia menganggap penting untuk melihat upaya pemerintah seperti AARO yang meneliti UAP secara objektif. Dalam kedua kasus, pemerintah Jepang mempertimbangkan kemungkinan ancaman keamanan, tetapi tidak mencoba untuk membantahnya.

Loeb memahami bahwa warga yang melaporkan penampakan UAP di Jepang, AS, atau di tempat lain kemungkinan besar percaya telah melihat pesawat luar angkasa. Namun, upaya resmi yang muncul dari Jepang dan Departemen Pertahanan AS harus mempertimbangkan semua penjelasan yang mungkin.

Baca Juga: Pentagon Rilis Video Penampakan UFO

"Saya memimpin Galileo Project di Harvard (pencarian ilmiah sistematis untuk bukti artefak teknologi extraterestrial). Kami mempertimbangkan apakah suatu objek terjadi secara alami seperti meteorit atau burung, atau jika itu buatan manusia seperti drone atau balon. Saya pikir itulah pendekatan yang harus diambil oleh badan-badan pemerintah ini," ujar Loeb.

Alasan Jepang menjadi pusat aktivitas UAP baru-baru ini, kemungkinan karena faktor psikologi manusia tentang histeria massal dan bias konfirmasi.

Penulis sains Center of Inquiry, sebuah organisasi yang berbasis di Amherst, New York, Mick West menyelidiki pseudosains. Ia meninjau klaim UAP Jepang di sekitar Fukushima dan mengaitkan laporan selama satu dekade ini dengan orang-orang yang mengamati daerah tersebut dan ingin ikut serta dalam fenomena UFO.

“Kami melihat banyak video dan laporan yang keluar dari Fukushima karena itu adalah lokasi terkenal dari bencana pembangkit listrik nuklir,” kata West, yang telah menganalisis ratusan penampakan UAP.

Terdapat banyak webcam 24/7 di sekitar pembangkit listrik. Ia pun menilai wajar jika ada lebih banyak mata yang melihat daerah tersebut, dan kemungkinan besar webcam tersebut kadang-kadang akan menangkap sesuatu yang tidak dapat diidentifikasi orang seperti burung atau pesawat.

Begitu publik melaporkan salah satu gambar atau video itu sebagai UFO, orang-orang mulai kembali mencari lebih banyak gambar dan video untuk dilaporkan sebagai UFO.

"Anda juga melihat kota seperti Kofu yang ingin membangun citra dirinya sebagai Roswell Jepang untuk meningkatkan pariwisata," kata West, membandingkan dengan kota kecil di New Mexico yang membangun ketenaran internasional dari laporan media tentang piring terbang yang jatuh pada tahun 1947.

Tampaknya mungkin mitos, legenda, dan tradisi naratif di Jepang bisa mendorong adanya laporan UAP. Joshua Frydman, Ph.D., seorang profesor bahasa Jepang di Universitas Oklahoma yang juga menulis The Japanese Myths: A Guide to Gods, Heroes and Spirits pada 2022 mengatakan kisah-kisah dasar dari era masa lalu dapat menginspirasi segalanya mulai dari tren budaya pop hingga agama baru hingga kegilaan terbaru—dan UAP bisa dengan mudah masuk ke dalam salah satu kategori tersebut.

Masalah Ilmu Pengetahuan dan Keamanan Nasional

Mengingat pengumuman Parlemen Jepang pada awal musim panas tentang penyelidikan baru UAP membuat pembentukan AARO di Amerika, mungkin terlihat bahwa AS memberikan semacam tekanan kepada dunia internasional untuk menjadikan penyelidikan UAP sebagai upaya global.

Namun, Loeb percaya potensi ancaman dari negara-negara seperti Cina dan Korea Utara sebenarnya telah memaksa Jepang dan AS ke posisi ini.

“Jelas, mengonfirmasi keberadaan kecerdasan luar angkasa akan sangat penting bagi ilmu pengetahuan karena itu akan membuktikan bahwa kita tidak sendirian. Namun, yang penting bagi keamanan nasional, penting bagi para pejabat untuk mengakui bahwa kita perlu mengetahui apa objek-objek ini," kata Loeb.

Dalam kasus Jepang, ada negara-negara terdekat yang ingin memata-matai negara. Loeb menyarankan pemerintah Jepang perlu mengetahui apakah mereka melihat drone atau perangkat lain yang digunakan untuk mata-mata.

Seiring investigasi UAP menjadi catatan publik di AS, Jepang, dan di tempat lain, seri PBS NOVA akan menggali pertanyaan internasional tentang UAP dalam program Januari 2025 mendatang, “What Are UFOs?”

Julia Cort dan Chris Schmidt, produser eksekutif bersama dalam proyek tersebut, sepakat bahwa upaya di seluruh dunia untuk mempelajari sifat UAP akan membantu menggeser bidang ini melampaui dongeng dan mungkin benar-benar membuat beberapa penemuan.

“Ini bukan hanya pertanyaan tentang apa yang terjadi di Jepang atau AS dengan investigasi resmi baru. Ini adalah topik yang membuat banyak orang penasaran, dan waktunya tepat untuk membahasnya karena nada pemeriksaan dan diskusi seputar itu telah berubah. Ada jenis bukti yang berbeda sekarang, dan itu ditanggapi dengan lebih serius,” kata Schmidt.

Schmidt berharap perkembangan kebijakan UAP tidak menjadi fokus utama dari apa yang sebenarnya terjadi di langit. “Penting untuk melihat apa yang bisa dikatakan sains kepada kita tentang apa (UAP) itu, daripada mengamati apa yang sedang dilakukan oleh departemen pertahanan,” kata Schmidt.

Topik Menarik