WHO Umumkan Cacar Monyet Jadi Masalah Serius Kesehatan Global

WHO Umumkan Cacar Monyet Jadi Masalah Serius Kesehatan Global

Teknologi | sindonews | Kamis, 15 Agustus 2024 - 14:11
share

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kemarin menyatakan wabah mpox ( cacar monyet ) sebagai darurat kesehatan masyarakat global, yang merupakan langkah kedua yang dilakukan dalam dua tahun.

Hari ini (kemarin), komite darurat mpox bertemu dan memberi tahu saya bahwa dalam pandangan mereka, situasi saat ini dapat dikategorikan sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian komunitas internasional.

Saya menerima rekomendasi mereka, kata Direktur Jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus pada platform X.

Tedros menambahkan, WHO berkomitmen dalam beberapa hari dan minggu mendatang untuk mengoordinasikan respons global, bekerja sama dengan setiap negara yang terkena dampak dan memanfaatkan kehadirannya di lapangan.

Tujuannya untuk mencegah penularan, mengobati yang tertular, dan menyelamatkan nyawa, jelasnya.

Setelah deklarasi darurat global pada tahun 2022, mpox menginfeksi hampir 100.000 orang dan membunuh sekitar 200 pasien.

Deklarasi terbaru ini bertujuan untuk memastikan bahwa negara-negara anggota WHO siap menghadapi virus ini dan mulai berbagi vaksin, perawatan, dan sumber daya penting lainnya dengan negara-negara yang terkena dampak.

Dalam pernyataan yang disiarkan langsung, Tedros mengatakan mpox telah terdeteksi di Republik Demokratik Kongo (DRC) selama lebih dari 10 tahun, namun kasus penyakit tersebut meningkat belakangan ini, dengan 524 kematian dan tercatat lebih dari 14.000 kasus.

Deteksi dan penyebaran cepat wabah baru mpox di DRC bagian timur, deteksi di negara-negara tetangga yang belum pernah melaporkan mpox sebelumnya, dan potensi penyakit ini untuk terus menyebar di benua Afrika dan lebih jauh lagi sangat mengkhawatirkan, ujarnya. dikatakan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, mpox menimbulkan gejala ruam di tangan, kaki, dada, wajah, mulut, atau di dekat alat kelamin. Gejala lainnya termasuk demam, menggigil, pembengkakan kelenjar getah bening, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, dan gejala pernafasan.

Topik Menarik