Pertama di Dunia, China Ciptakan Paus Hiu Robotik Berteknologi Luar Angkasa

Pertama di Dunia, China Ciptakan Paus Hiu Robotik Berteknologi Luar Angkasa

Teknologi | sindonews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 20:00
share

China kembali menghadirkan inovasi terbaru di bidang teknologi dengan meluncurkan paus hiu robotik cerdas pertama di dunia. Robot dengan panjang 5 meter dan berat 350 Kg ini mampu menirukan secara presisi gerakan berenang, menyelam serta menuver lainnya.

Kecanggihan robot ini berkat kombinasi teknologi luar angkasa dengan industri kelautan yang disematkan oleh para insinyur Shenyang Aerospace Xinguang Group milik China.

“Ini adalah ikan bionik terbesar yang pernah kami pelajari. Paus hiu memiliki tujuh sendi yang digerakkan, dan setiap sendi membutuhkan komputasi, komunikasi, dan sensor, yang juga merupakan teknologi utama kami,” kata Gao Chao, perancang Shenyang Aerospace Xinguang Group’s Underwater Propulsion Technology Research Office dilansir dari Interesting Engineering, Rabu (7/8/2024).

Paus hiu robotik ini memiliki fitur canggih, termasuk kontrol jarak jauh nirkabel, perenangan terprogram, dan propulsi bionik multi-sendi. Fitur-fitur ini memungkinkannya mencapai kecepatan hingga 0,7 meter per detik dan menyelam hingga kedalaman 20 meter.

Baca Juga: China Bikin Robot Bionik Raksasa untuk Kepentingan Militer

Dilapisi kamera optik canggih, sensor, teknologi sonar, dan sistem penentuan posisi BeiDou, kendaraan air yang luar biasa ini dapat melakukan berbagai tugas, termasuk memantau kualitas air, memetakan medan bawah laut, dan melaksanakan misi khusus.

“Misalnya, ketika robot ini melakukan tugas di bawah air, ia pasti akan menghadapi berbagai rintangan di jalurnya. Cara menggabungkan informasi yang diperoleh dari banyak sensor sebenarnya adalah kesulitan teknis. Dapat dipahami bahwa otak paus hiu adalah komputer,” kata Fang Xuelin, asisten direktur Underwater Propulsion Technology Research Office.

“Sejumlah besar data harus disaring dan diekstraksi secara sinkron, kemudian dikoreksi dan diverifikasi secara timbal balik sebelum data yang benar-benar efektif dapat dengan cepat diekstraksi untuk memungkinkan paus hiu bionik kita mengenali lingkungan sekitarnya.”

Dibandingkan dengan robot bawah air bertenaga propeller konvensional, paus hiu bionik menawarkan keunggulan unik dan signifikan.

Baca Juga: Teknologi Mata Bionik Ini Mampu Pulihkan Penglihatan yang Hilang

Desain tertutup perangkat ini membantu mencegah polusi air dengan membatasi pelepasan kontaminan. Selain itu, tubuhnya yang ramping mengurangi risiko terjebak dalam rintangan air dan meminimalkan kerusakan pada kehidupan laut.

Setelah prototipe awal sukses dibuat, perusahaan mengembangkan lebih lanjut jajaran produk bionik lain seperti lumba-lumba putih sungai Yangtze, paus pembunuh, dan lumba-lumba. Integrasi teknologi bionik laut dengan sistem cerdas mendorong inovasi dalam sektor robotika bawah air.

Ketika umat manusia semakin dalam menjelajahi lautan, robot bawah air muncul sebagai alat yang sangat diperlukan untuk eksplorasi dan pengembangan. Dengan kemajuan dalam ilmu material, sistem kontrol, dan kecerdasan buatan, robot bionik seperti paus hiu siap untuk merevolusi operasi kelautan dan penelitian ilmiah.

Shenyang Aerospace Xinguang Group telah mengembangkan berbagai model produk bionik, seperti ikan mas koki bionik, paus pembunuh bionik, dan lumba-lumba bionik. Perusahaan akan terus mempromosikan integrasi teknologi bionik laut dan sistem kecerdasan buatan.

Topik Menarik