Penampakan UFO Kejutkan Turis di Ibiza

Penampakan UFO Kejutkan Turis di Ibiza

Teknologi | sindonews | Kamis, 1 Agustus 2024 - 16:00
share

Para wisatawan di Ibiza disuguhi pemandangan misterius di langit dekat Es Vedra pada akhir pekan kemarin. Mereka meyakini benda melayang itu adalah UFO.

Video penampakan UFO yang diunggah akun X @Chef_Fud menjadi viral setelah seorang gadis muda berteriak, "Lihat, lihat, lihat!" Suaranya menarik perhatian ke objek bulat putih tinggi di langit.

Dilansir dari Greek Reporter, Kamis (1/8/2024), rekaman video menujukkan benda berbentuk cahaya yang melayang dekat bulan. Kemudian, dalam beberapa detik, cahaya bergerak dengan cepat melintasi langit, membuat para turis terkesiap kagum.

Sejarah mencatat penampakan UFO pertama terjadi pada tahun 1947. Pengusaha Kenneth Arnold mengaku melihat sembilan objek yang bergerak cepat dekat Gunung Rainier di Washington saat menerbangkan pesawat kecilnya. Dia memperkirakan kecepatan benda tersebut mencapai ribuan mil per jam.

Baca Juga: Pentagon Rilis Video Penampakan UFO

Arnold menggambarkan objek-objek tersebut berbentuk bulan sabit dan mengatakan mereka bergerak seperti piring yang meluncur di atas air. Sebuah surat kabar lantas secara keliru melaporkan benda-benda tersebut berbentuk piring, sehingga muncul istilah "piring terbang".

Laporan penampakan objek asing lainnya lantas bermunculan setelahnya. Pada tahun 1948, Angkatan Udara AS mulai menyelidiki laporan-laporan ini dengan proyek bernama Project Sign. Awalnya, mereka berpikir UFO mungkin adalah pesawat Soviet yang canggih. Namun, beberapa peneliti menebak bisa jadi itu adalah pesawat ruang angkasa dari dunia lain, yang dikenal sebagai hipotesis ekstraterrestrial (ETH).

Dari tahun 1952 hingga 1969, Project Blue Book mengumpulkan lebih dari 12.000 laporan penampakan UFO. Setiap laporan diklasifikasikan sebagai "teridentifikasi," artinya terkait dengan penyebab yang diketahui seperti fenomena astronomi, atmosfer, atau buatan manusia, atau "tidak teridentifikasi".

Baca Juga:NASA Indentifikasi Keberadaan UFO di Bulan

Sebuah laporan Pentagon dari Maret 2024 menyimpulkan bahwa peningkatan penampakan UFO selama tahun 1950-an dan 1960-an disebabkan oleh pengujian pesawat mata-mata dan teknologi luar angkasa AS yang canggih.

Mereka menyatakan tidak ada bukti bahwa pemerintah AS telah bertemu dengan kehidupan alien. Sebagian besar penampakan UFO sebenarnya adalah benda biasa dari Bumi. Namun, Pentagon mengakui bahwa temuan mereka kemungkinan tidak akan mengubah kepercayaan publik tentang alien.

"Proliferasi program televisi, buku, film, dan sejumlah besar konten internet dan media sosial yang berpusat pada topik terkait UAP kemungkinan besar telah memengaruhi percakapan publik tentang topik ini, dan memperkuat kepercayaan ini di beberapa bagian populasi," kata laporan tersebut dikutip dari BBC.

Laporan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah AS untuk mempelajari UFO, yang sekarang disebut "fenomena anomali yang tidak dikenal" (UAP).

Topik Menarik