Palianytsia, Senjata Misterius Ukraina yang Bikin Rusia Kelabakan

Palianytsia, Senjata Misterius Ukraina yang Bikin Rusia Kelabakan

Teknologi | sindonews | Senin, 9 September 2024 - 06:39
share

Ukraina secara mengejutkan berhasil menghancurkan kilang-kilang minyak serta pangkalan udara Rusia . Hal itu tak lepas dari kontribusi Palianytsia. Senjata baru yang masih misterius spesifikasinya ini memiliki kecepatan serta daya hancur luar biasa.

Sejak dimulainya perang skala penuhnya melawan Ukraina pada Februari 2022, Rusia telah mampu menyerang bagian mana pun dari Ukraina. Sampai baru-baru ini, giliran Ukraina menyerang balik.

Program drone jarak jauh Ukraina menuai hasil. Serangan rutin terhadap kilang minyak Rusia telah mengganggu pasokan bahan bakar, sementara serangan terhadap pangkalan udara militer telah merusak pembom strategis yang digunakan untuk meneror kota-kota Ukraina.

Presiden Zelenskyy baru-baru ini mengumumkan telah menciptakan drone jarak jauh baru yang disebut Palianytsia. Zelenskyy menyatakan penggunaan pertama Palianytsia terhadap Rusia terjadi pada Hari Kemerdekaan Ukraina, 24 Agustus 2024. Serangan ini menargetkan objek di Krimea yang diduduki.

Meskipun spesifikasi yang tepat dari drone tersebut masih dirahasiakan, namun gambaran besar Palianytsia sedikit demi sedikit terkuak. Berikut Spesifikasi Palianytsia dilansir dari Euro Maidan Press, Senin (9/9/2024):

Palianytsia dikembangkan selama 1,5 tahun oleh Ukraina. Drone ini diluncurkan dari platform darat, menggunakan mesin turbojet, dilengkapi dengan penanggulangan perang elektronik, dan menetapkan lokasinya melalui satelit.

Palianytsia memiliki ukuran sekitar 2-2,5 meter dengan diameter 40 cm. Ukuran ini kira-kira setengah ukuran rudal anti-kapal Ukraina Neptune, yang terkenal menenggelamkan kapal perang Rusia Moskva pada tahun 2022.

Drone ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 500 km/jam dengan jangkauan sekitar 500 km, dan dapat membawa hulu ledak seberat 60 hingga 100 Kg. Ahli penerbangan Kostiantyn Kryvolap mencatat kapasitas muatan ini memungkinkan fleksibilitas dalam menyeimbangkan jangkauan dan kekuatan destruktif.

Keunggulan lain dari drone Palianytsia adalah harganya yang terjangkau dan dapat diproduksi secara massal. Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov, memberi label harga di bawah USD1 juta untuk Palianytsia, tetapi ahli penerbangan Kostiantyn memperkirakan biaya pembuatan Palianytsia sekitar USD320.000.

Trent Telenko, ahli militer Amerika, mendukung estimasi ini. Dia meyakini harga drone bertenaga jet Ukraina ini berada dalam kisaran USD100.000-USD300.000.

Ahli penerbangan dan pendiri teknologi militer Anatoliy Khrapchynskyi menyebut mesin turbojet Palianytsia menawarkan kecepatan dan ketinggian yang jauh lebih tinggi, memungkinkan drone menembus pertahanan udara musuh dengan kecepatan tinggi dan menyerang target jauh di dalam wilayah musuh.

Kemajuan ini memungkinkan drone yang relatif kecil beroperasi pada kecepatan dan jangkauan yang sebelumnya diasosiasikan dengan pesawat atau rudal yang lebih besar. "Kecepatan tinggi Palianytsia sangat penting. Rusia semakin sering menggunakan senjata kecil melawan serangan drone Ukraina, jadi semakin cepat drone turbojet, semakin efektif drone tersebut," kata Khrapchynskyi.

Ia juga akan mampu menghindari helikopter yang digunakan Rusia melawan drone Ukraina. Helikopter dengan kecepatan maksimum 300 km/jam tidak akan mampu menembak jatuh target yang bergerak dengan kecepatan 500 km/jam.

Dalam mengembangkan Palianytsia, Ukraina menciptakan senjata yang kuat menggunakan solusi murah. Serangan drone Ukraina biasanya jarang mengakibatkan penghancuran pesawat militer Rusia karena Rusia berhasil menerbangkan pesawat keluar dari bahaya sebelum drone yang lambat dengan kecepatan 150-180 km/jam tiba.

Namun, drone Palianytsia masih berhasil menghancurkan depot bahan bakar dan amunisi, serta infrastruktur lapangan udara. Selain itu, pesawat Rusia dipaksa pindah ke lapangan udara yang lebih jauh, yang mengakibatkan lebih sedikit sortis dan peluncuran bom melayang.

Palianytsia, dengan kecepatan teoritis minimal 500 km/jam, lebih cepat, memiliki muatan lebih besar, dan mungkin memungkinkan lebih banyak kerusakan. Rusia tidak mungkin mengevakuasi semua jet dalam waktu 20-30 menit sebelum kedatangan drone. Harganya lebih murah daripada rudal jelajah, yang harganya mulai dari USD3 juta. Akan lebih mudah dan cepat untuk meluncurkan produksi massal.

Kamu memenangkan waktu, dan waktu sangat penting bagi kami. Semakin cepat kita menyerang Rusia, semakin cepat kita akan mendapatkan izin untuk menyerang dengan senjata asing, kata Kostiantyn Kryvolap.

Kini pengembang Ukraina terus bekerja untuk meningkatkan kapasitas muatan senjata drone Palianytsia dari 60-70 kg menjadi 100 kg. Jika mereka berhasil meningkatkan kapasitas ini menjadi 150 kg, Ukraina akan membuka potensi untuk menggunakan persediaan bom FAB era Soviet FAB-150, yang memiliki muatan 50-60 kg.

Sejak 2023, Rusia telah mengubah cadangan bom FAB-nya menjadi bom melayang yang sangat tepat dengan memasang kit melayang: sayap dan modul kontrol penerbangan. Ketika amunisi presisi yang dibuat sendiri ini dipisahkan dari jet tempur Su-34 dari ketinggian 10-12 km, ia membuka sayapnya, mengunci target dengan bantuan koordinat GPS, dan melayang hingga mencapai dampak yang mematikan.

FAB-250 yang ditingkatkan, dengan berat 250 kg, dapat melayang sejauh 70 km hingga mengenai targetnya. Bom melayang yang lebih berat dengan berat 500-1000 kg memiliki jangkauan yang lebih pendek, yaitu 50-70 km.

Versi canggih dari bom-bom ini telah melihat mesin dipasang pada FAB-250 yang ditingkatkan, memperpanjang jangkauan mereka hingga 90 km.

Persediaan bom FAB Rusia pada dasarnya tidak terbatas: mereka diproduksi pada akhir Perang Dunia II dalam "kuantitas yang tidak bisa dibayangkan" dan sekarang Rusia telah melanjutkan produksinya di pabrik Arsenal 53. Bahan peledak itu sendiri mungkin sudah usang tetapi cangkang logamnya bisa diisi dengan bahan peledak baru.

Ukraina memiliki sedikit cara untuk melawan bom-bom ini, yang telah menghancurkan wilayah garis depan. Mengapa Ukraina tidak juga mengubah persediaan FAB era Sovietnya menjadi bom melayang yang mematikan, seperti yang dilakukan Rusia? Ukraina memiliki jet yang jauh lebih sedikit untuk dipertaruhkan dibandingkan Rusia.

Tidak demikian halnya dengan drone. UAV dengan sistem panduan yang baik dapat memanfaatkan cadangan FAB lama Ukraina tanpa takut kehilangan jet militer yang berharga dan menyerang objek 700 km jauhnya, dan Ukraina sedang mendekati penciptaan drone dengan daya angkat seperti itu.

Palianytsia dengan hulu ledak teoritis hingga 100 kg sudah melebihi muatan 40-50 kg dari drone kamikaze Shahed-136 yang dirancang Iran yang diluncurkan Rusia secara massal ke Ukraina. Namun, ini jauh lebih kecil daripada muatan rudal jelajah. Rudal Storm Shadow, Taurus, dan Kh-101 membawa 400-480 kg bahan peledak.

Masa depan drone Ukraina Palianytsia kemungkinan terlibat dalam serangan drone besar-besaran Ukraina baru-baru ini di Rusia, ketika pihak berwenang Rusia melaporkan 158 drone dijatuhkan di 15 wilayah, termasuk ibu kota Moskow.

"Ini kemungkinan adalah ujian akhir dari berbagai jenis drone jarak jauh Ukraina dengan sistem panduan yang berbeda sebelum membuat keputusan tentang produksi massal mereka," kata Kryvolap.

Ahli penerbangan mengatakan banyak faktor terlibat agar Ukraina mencapai tahap membuat serangan yang lebih besar dan terkoordinasi seperti itu. Drone-drone tersebut perlu memiliki peta elevasi 3D yang detail dan diprogram untuk menyerang objek tertentu.

Topik Menarik