Bagian Terpenting di Lokasi Bangkitnya Yesus Ditemukan

Bagian Terpenting di Lokasi Bangkitnya Yesus Ditemukan

Teknologi | sindonews | Kamis, 1 Agustus 2024 - 06:40
share

Ilmuwan Austria membeberkan detail penemuan penting yang dilakukan di salah satu situs tersuci dalam agama Kristen.

Gereja Makam Suci, yang juga dikenal sebagai Gereja Kebangkitan, adalah institusi abad keempat yang terletak di dalam Kota Tua Yerusalem.

Situs ini dianggap sebagai salah satu yang tersuci di dunia karena umat Kristen percaya bahwa area tersebut adalah tempat Yesus dimakamkan dan kemudian bangkit dari kematian.

Para ahli baru-baru ini berbondong-bondong ke gereja tersebut setelah mendengar berita bahwa pekerja konstruksi terkesima saat membalik bongkahan marmer yang tampaknya tidak berharga.

Batu tersebut, yang telah berada di koridor yang dapat diakses publik di dekat bagian belakang bangunan, berukuran panjang 2,4 m dan lebar 1,5 m.

Di sisi yang menghadap publik, marmer tersebut dipenuhi grafiti. Namun, ketika batu tersebut dibalik, pengunjung melihat bahwa sisi lainnya dihiasi dengan ornamen pita dan tanda-tanda yang jelas.

Setelah diperiksa lebih lanjut, dinyatakan bahwa dekorasi unik ini dibuat menggunakan teknik produksi khusus yang disebut Cosmatesque.

Bentuk seni ini dulunya dipraktikkan oleh para pemimpin serikat di Roma kepausan dan permukaan yang luas ditutupi dengan marmer berharga dalam jumlah yang lebih sedikit.

Yang menarik, para arkeolog telah mengidentifikasi lempengan itu sebagai panel depan altar yang ditahbiskan pada tahun 1149.

Sebelumnya, para sejarawan percaya bahwa altar abad pertengahan terbesar yang diketahui, yang digunakan oleh Tentara Salib pada Abad Pertengahan, telah hancur dalam kebakaran pada tahun 1808 dan dengan demikian hilang selama beberapa dekade.

Bagi para sejarawan, penemuan ini merupakan sensasi dalam beberapa hal, tulis Akademi Ilmu Pengetahuan Austria (OeAW).

Saat mengomentari kecemerlangan penemuan itu, para peneliti juga mempertanyakan bagaimana lempengan penting itu tetap tersembunyi begitu lama di bangunan yang diteliti secara intensif seperti Gereja Makam Suci.

Kami mengetahui kisah para peziarah dari abad ke-16, 17, dan 18 tentang altar marmer yang megah di Yerusalem. Pada tahun 1808, terjadi kebakaran besar di bagian Gereja Makam Suci yang bergaya Romawi, , Ilya Berkovich, sejarawan di Institut Studi Habsburg dan Balkan di Akademi Ilmu Pengetahuan Austria seperti dilansir dari Unilad.

Sejak saat itu, altar Tentara Salib hilang setidaknya itulah yang dipikirkan orang-orang sejak lama.

Penemuan ini, yang dipuji sebagai sensasional oleh OeAW, diperkirakan telah dibuat dengan restu Paus.

Selain itu, mereka menulis bahwa altar tersebut dibuat untuk menghormati gereja tersuci dalam agama Kristen karena seni Cosmatesque merupakan simbol status yang dijunjung tinggi.

Dengan demikian, Paus memberikan penghormatan kepada gereja tersuci dalam agama Kristen, kata Berkovich.

Menyusul penemuan altar baru-baru ini, pakar dan timnya berharap untuk meneliti lebih lanjut dan menyelami arsip kepausan untuk mengungkap lebih banyak detail tentang batu tersebut.

Mereka juga ingin mengungkap master Cosmatesque yang menciptakan karya seni tersebut.

Topik Menarik