Sistem Starlink di Ukraina Bisa Jadi Sasaran Rusia, Elon Musk: Gunakan dengan Hati-Hati

Sistem Starlink di Ukraina Bisa Jadi Sasaran Rusia, Elon Musk: Gunakan dengan Hati-Hati

Teknologi | inewsid | Sabtu, 5 Maret 2022 - 16:12
share

JAKARTA, iNews.id - CEO SpaceX Elon Musk memutuskan mengirimkan satelit Starlink ke Ukraina sebagai tanggapan atas permintaan dari wakil perdana menteri negara itu. Permohonan itu bukannya tidak berdasar.

Sebagai akibat dari perang yang sedang berlangsung di Ukraina, Rusia diperkirakan akan memutuskan komunikasi Ukraina, mengambil akses internet dalam prosesnya. Starlink bisa menjadi solusi potensial untuk itu.

Namun, menggunakan Starlink selama masa perang bukan tanpa risiko dan Elon Musk menunjukkannya di Twitter. Sinyal satelit dapat digunakan untuk menargetkan orang dan tempat di masa perang, sebagaimana dikutip dari Slash Gears.

Jika tentara Rusia mengetahuinya, pengguna satelit Starlink bisa berada dalam bahaya. Dengan asumsi musuh dapat melacak parabola Starlink, itu pasti menempatkan target di belakang orang yang memasang perangkat.

Sayangnya, ini benar bahkan dalam kasus di mana perangkat konektivitas digunakan untuk alasan pribadi dan bukan oleh pasukan militer Ukraina. Jika tujuan Rusia untuk memutuskan komunikasi Ukraina sebanyak mungkin, peralatan Starlink akan menjadi target utama.

Musk sendiri menyatakan di Twitter kemungkinan menjadi sasaran tinggi dan menyarankan pengguna Starlink di Ukraina untuk melanjutkan dengan hati-hati. Dia kemudian menjelaskan hampir semua terminal pengguna Viasat di Ukraina telah dihancurkan oleh serangan siber Rusia pada hari pertama perang, sehingga Starlink dapat mengalami nasib yang sama.

Meskipun serangan siber tidak serta merta secara langsung membahayakan pemilik piringan Starlink, itu masih akan memutus jalur komunikasi terakhir warga negara Ukrania dengan dunia luar.

Agar tetap aman, Musk menyarankan pemilik Starlink di Ukraina untuk hanya menggunakan perangkat mereka saat benar-benar diperlukan dan menempatkan antena sejauh mungkin dari pandangan publik.

Topik Menarik