Polres Tasikmalaya Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2024, Hadirkan Tiga Paslon Cabup dan Cawabup

Polres Tasikmalaya Gelar Deklarasi Damai Pilkada 2024, Hadirkan Tiga Paslon Cabup dan Cawabup

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 15:01
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Guna memastikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya berjalan lancar dan damai, Polres Tasikmalaya menggelar Deklarasi Pilkada Damai 2024 pada Kamis (17/10/2024) di Hotel Alhambra, Singaparna. 

Acara ini dihadiri oleh tiga pasangan calon (paslon) yang akan berlaga dalam Pilkada serta berbagai unsur stakeholder terkait.

Deklarasi ini diinisiasi oleh Polres Tasikmalaya dengan tujuan memperkuat komitmen bersama untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, jujur, dan adil. 

Tiga poin utama yang disepakati dalam deklarasi tersebut antara lain memastikan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, melaksanakan kampanye yang tertib, aman, dan damai tanpa politisasi SARA, hoaks, atau politik uang, serta menjamin pelaksanaan pilkada sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Haris Dinzah, menjelaskan bahwa deklarasi ini merupakan bentuk komitmen bersama dari semua pihak yang terlibat, termasuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan para paslon. 

"Kami berharap deklarasi ini menjadi langkah awal yang kuat untuk menjaga situasi agar tetap kondusif selama seluruh tahapan Pilkada 2024," ungkapnya.

AKBP Haris juga menambahkan bahwa seluruh pihak diharapkan bisa menjaga suasana kondusif sejak awal kampanye hingga hari pemungutan suara. 

"Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman, nyaman, dan transparan. Semua pihak harus berperan aktif agar proses demokrasi ini dapat berlangsung secara damai," tambahnya.

 

Dengan adanya deklarasi ini, diharapkan Pilkada di Kabupaten Tasikmalaya dapat terlaksana dengan integritas tinggi, bebas dari berbagai bentuk kecurangan, dan mencerminkan demokrasi yang sehat. 

Selain menghadirkan para paslon, acara ini juga diikuti oleh berbagai unsur terkait yang berkomitmen untuk mensukseskan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Tasikmalaya.

 

Topik Menarik