Komite I dan III DPD RI Menerima Audiens Masyarakat Membahas Nasib Tim Seleksi DPR Jalur Outsus

Komite I dan III DPD RI Menerima Audiens Masyarakat Membahas Nasib Tim Seleksi DPR Jalur Outsus

Terkini | jayapura.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:30
share

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - anggota DPD RI dari Seluruh Papua menerima perwakilan Masyarakat yang diterima langsung oleh Ketua Komite III Filep Wamatma, Wakil ketua Komite I Carel Suebu, Anggota Komite I Sopater Sam dan Anggota Komite II Matias Heluka.

Pada audiensi tersebut, Pimpinan Komite I dan Komite III DPD RI didampingi oleh Maurits Valentino Wylla Hege (Kasubdit Otonomi Khusus Papua, Ditjen Otda, Kemendagri) membahas mengenai proses Tim seleksi DPR Jalur Otonomi Khsusus (Otsus) di Enam Provinsi di Papua. Maurits menjelaskan bahwa nama-nama yang diusulkan sudah ada di Kemendagri. 

“Usulan nama-nama sebagai panitia seleksi sudah ada di Kemendagri, SK panitia seleksi sementara berproses untuk tanda tangan bapak Menteri Dalam Negeri Pak Tito Karnavian, setelah itu Proses seleksi DPR Jalur Otsus bisa langsung jalan”. Ucap Maurits, Rabu (16/10/2024).

Menanggapi hal tersebut, Pimpinan Komite III Filep Wamatma mengatakan akan segera mungkin menghubungi Mendagri agar prosesnya bisa dipercepat dan dalam tahun ini sudah bisa terpilih DPR Jalur Otsus. 

“Terimakasih atas kehadiran Bapak dan Ibu semua yang sudah datang jauh-jauh dari Tanah Papua untuk menyampaikan aspirasi kepada Kami di DPD RI, dan juga Pak Maurits selaku perwakilan dari Kemendgari yang telah hadir bersama kami menerima aspirasi dari masyarakat papua. Selaku Pimpinan Komite III Saya akan mengupayakan menghungi Pak Menteri Dalam Negeri agar SK Pansel segera ditanda tangan dan Proses Seleksi dapat dipercepat”. Ucap Filep.

Dalam kesempatan itu juga, Anggota Komite I Sopater Sam menuturkan akan mengawal bersama-sama agar Prosesnya cepat dilaksanakan. 

“Selaku Anggota Komite I, Saya akan mengawal Proses tahapan Timsel ini sampai selesai sehingga Seleksi DPR Jalur Otsus dapat berjalan dengan baik. Kami akan bertemu dengan PJ Gubernur dan MRP Papua Pegunungan untuk berkoordinasi lebih lanjut mengenai Tahapan nantinya”. Kata Sopater.

Perwakilan dari Masyarakat yang hadir meyampaikan aspirasi agar Pansel segera dilantik dan Proses seleksi bisa berjalan cepat. Mereka juga mengatakan agar Nantinya ada Fraksi Khusus untuk Otsus.

“Kami berharap agar adanya Fraksi khusus untuk Otsus dan Tahapan pemilihan Alat Kelengkapan Dewan ditunda sampai Anggota DPR jalur Otsus terpilih agar bersama-sama memilih alat kelengkapan Dewan”.Kata perwakilan Masyarakat. 

Diakhir Audiensi, semuanya sepakat agar Proses seleksi DPRP dan DPRK jalur Otsus di seluruh Tanah Papua sebagai amanat UU otsus pada tahun ini sudah selesai dan roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik.

Topik Menarik