HUT ke-23 Kota Tasikmalaya, Pemkot Luncurkan E-Ticketing Sapawarga dan Hai Tasik Versi Terbaru

HUT ke-23 Kota Tasikmalaya, Pemkot Luncurkan E-Ticketing Sapawarga dan Hai Tasik Versi Terbaru

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:20
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Dalam rangka merayakan HUT ke-23 Kota Tasikmalaya, Pemerintah Kota Tasikmalaya menghadirkan inovasi terbaru berupa peluncuran E-Ticketing Sapawarga Situ Gede dan Hai Tasik versi terbaru. 

Acara peluncuran berlangsung di Lapangan Bale Kota, Kecamatan Bungursari, pada Kamis (17/10/2024) setelah upacara peringatan hari jadi kota.

Peluncuran aplikasi E-Ticketing ini dipimpin oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, yang juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kota Tasikmalaya.

Dalam pidatonya, Cheka menyatakan bahwa inovasi ini merupakan langkah Pemkot untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin cepat.

"Di era digital ini, kita semua dituntut untuk terus berinovasi. Oleh karena itu, hari ini kami memperkenalkan salah satu terobosan penting, yaitu kolaborasi antara Pemkot Tasikmalaya dengan Pemprov Jawa Barat dalam bentuk super-apps Sapawarga," ujar Cheka.

Aplikasi Sapawarga ini memudahkan masyarakat untuk mengakses tiket berbagai objek wisata di Kota Tasikmalaya, dan untuk tahap awal, sistem ini akan diterapkan di wisata Situ Gede. 

"Ke depannya, aplikasi ini akan diperluas untuk mengintegrasikan berbagai layanan publik lainnya di Tasikmalaya," jelas Cheka.

 

Selain peluncuran E-Ticketing, Pemkot Tasikmalaya juga mempersembahkan simbol kota berupa Kohkol dan Si Layung. Kohkol dan Si Layung ini nantinya akan dipasang di Situ Gede sebagai ikon kota dan rencananya akan dilengkapi pada tahun mendatang.

Tak hanya itu, Pemkot juga memperkenalkan pengembangan terbaru dari Hai Tasik. Versi terbaru dari Anjungan Mandiri Hologram Artificial Intelligence (Hai) Tasikmalaya ini dirancang untuk meningkatkan layanan publik secara lebih efektif dan efisien.

"Anjungan mandiri Hai Tasik ini tidak hanya menyediakan informasi kepada masyarakat, tetapi juga mampu menerbitkan surat keterangan dan rekomendasi yang menjadi kewenangan kelurahan. Dengan integrasi teknologi Artificial Intelligence (AI) layanan ini diharapkan bisa mempermudah warga dalam mengakses berbagai layanan administratif," ungkap Cheka.

Ia berharap, kehadiran berbagai inovasi ini akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Tasikmalaya dan mendorong kemajuan kota ke depan. 

"Dengan peluncuran ini, kami ingin memastikan bahwa Kota Tasikmalaya siap menghadapi era digital dengan memberikan pelayanan yang lebih cepat, mudah, dan transparan," tutupnya.

Melalui peluncuran inovasi ini, Pemkot Tasikmalaya menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sejalan dengan tema HUT ke-23 Kota Tasikmalaya, Semangat dan Nyaman untuk Maju.

 

Topik Menarik