Polres Banjar Gelar Operasi Zebra Lodaya 2024, Fokus Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas

Polres Banjar Gelar Operasi Zebra Lodaya 2024, Fokus Tingkatkan Kesadaran Lalu Lintas

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Senin, 14 Oktober 2024 - 19:10
share

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id – Polres Banjar menggelar Operasi Zebra Lodaya 2024 selama 14 hari ke depan, serentak bersama seluruh jajaran Polda Jawa Barat. 

Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas guna menciptakan situasi yang aman dan tertib di jalan raya.

Kapolres Banjar AKBP Danny Yulianto, melalui Kasat Lantas Polres Banjar AKP Otong Rustandi, menjelaskan bahwa operasi ini dilakukan mulai 14 hingga 27 Oktober 2024 dan mendukung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. 

Selain itu, Operasi Zebra juga bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Banjar.

"Operasi Zebra Lodaya tahun ini dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Polda Jabar dengan tujuan mengajak masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang aman dan nyaman," ungkap AKP Otong Rustandi, Senin (14/10/2024).

Meskipun angka kecelakaan di Kota Banjar masih terbilang tinggi, Otong menekankan bahwa masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya disiplin dalam berlalu lintas. 

Karena itu, Operasi Zebra ini diharapkan dapat menurunkan jumlah kecelakaan serta fatalitas korban, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan lalu lintas.

"Operasi ini mengutamakan tindakan edukatif dan persuasif dengan pendekatan yang humanis, didukung oleh penegakan hukum melalui sistem elektronik seperti ETLE Statis dan Mobile," tambah Otong.

 

Dalam pelaksanaan di lapangan, Operasi Zebra Lodaya 2024 akan dilakukan secara preemtif dan preventif. Petugas akan memberikan edukasi serta teguran secara simpatik kepada pelanggar lalu lintas, dengan harapan dapat meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

"Kami berharap operasi ini dapat membantu menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan di wilayah Kota Banjar," tutupnya.

 

 

Topik Menarik