Pemda Kabupaten Ciamis Raih Penghargaan Digital Layanan Keuangan Terbaik ke-2 se-Jawa-Bali

Pemda Kabupaten Ciamis Raih Penghargaan Digital Layanan Keuangan Terbaik ke-2 se-Jawa-Bali

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Senin, 23 September 2024 - 20:10
share

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ciamis kembali mencatat prestasi gemilang dengan meraih peringkat kedua dalam penerapan digitalisasi layanan keuangan untuk wilayah Jawa-Bali. 

Penghargaan tersebut diberikan kepada Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Ciamis dalam Rakornas P2DD 2024 yang diselenggarakan di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta, pada Senin (23/09/2024).

Rakornas P2DD tahun ini mengusung tema Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah. 

Di kategori kabupaten wilayah Jawa-Bali, Kabupaten Buleleng berhasil menduduki peringkat pertama, diikuti oleh Kabupaten Ciamis di posisi kedua, dan Kabupaten Tangerang di posisi ketiga.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini. Menurutnya, prestasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama Tim P2DD Kabupaten Ciamis, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sebagai koordinator pelaporan, serta dukungan dari Bank Indonesia Tasikmalaya, Bank BJB, dan partisipasi aktif masyarakat Ciamis.

"Apa yang kita capai hari ini tentu berkat kerja keras dari semua pihak. Saya berharap capaian ini bisa terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang," ujarnya.

Engkus juga menekankan pentingnya digitalisasi dalam pelayanan publik, yang kini menjadi kebutuhan di era perkembangan teknologi modern. Dengan adanya layanan transaksi non-tunai, masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa semangat percepatan digitalisasi Pemkab Ciamis terus dioptimalkan, baik dalam pelayanan publik maupun implementasi transaksi non-tunai,” jelasnya.

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang hadir dalam acara tersebut, menyoroti keberhasilan berbagai kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Ia menyampaikan bahwa tingkat pengangguran turun menjadi 4,8 persen pada 2024, sementara tingkat kemiskinan menurun signifikan menjadi 9,03 persen. Bahkan, angka kemiskinan ekstrem turun hingga 0,83 persen.

Airlangga juga mencatat adanya peningkatan kinerja TP2DD secara nasional yang terlihat dari semakin banyaknya partisipasi pemerintah daerah dalam evaluasi kinerja. Pada 2023, sebanyak 489 pemerintah daerah berpartisipasi, meningkat dari tahun sebelumnya.

"Partisipasi pemerintah daerah meningkat di hampir semua wilayah, kecuali di Nusampua," tambahnya.

Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa Pemkab Ciamis terus berinovasi dan berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan publik melalui transformasi digital, serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Topik Menarik