Memperingati Hari Rabies Sedunia 2024, Kementan Siap Eliminasi Rabies di Pulau Jawa

Memperingati Hari Rabies Sedunia 2024, Kementan Siap Eliminasi Rabies di Pulau Jawa

Ekonomi | tangsel.inews.id | Rabu, 9 Oktober 2024 - 08:00
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Peringatan Hari Rabies Sedunia 2024 menjadi momen penting bagi Pemerintah Indonesia. Untuk itu, Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan Program JAWARA (Jawa Bebas Rabies) 2029. Upaya ini bertujuan mengeliminasi rabies di Pulau Jawa melalui implementasi tujuh langkah strategis yang melibatkan pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta.

Plh. Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Makmun menjelaskan, program ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga membutuhkan kolaborasi semua pihak. Apalagi, sebagai langkah awal dari program ini, pihaknya menargetkan vaksinasi 70 persen populasi anjing di daerah rawan rabies. 

“Pelaporan gigitan anjing dan pengendalian populasi anjing liar juga menjadi prioritas," katanya di Jakarta, Senin (7/10/2024).

Menurut dia, upaya ini menggarisbawahi tujuh langkah strategis yaitu Koordinasi Lintas Sektor, Manajemen Populasi Anjing, Kampanye Kesadaran, Vaksinasi Massal, Surveilans Kasus, Pelaporan Kasus Gigitan Anjing (TAKGIT), dan Edukasi Masyarakat.

“Peluncuran program ini juga menyoroti vaksinasi simbolis di Bali dan Nusa Tenggara Barat, dua provinsi yang masih menghadapi kasus rabies tinggi. Program ini diharapkan menjadi model bagi provinsi lain, mendukung Indonesia bebas rabies pada 2030,” tutup Makmun. 

Topik Menarik