IdeaCloud Conference 2024 Ajarkan Strategi Bisnis Pelaku UMKM Bisa Berkembang

IdeaCloud Conference 2024 Ajarkan Strategi Bisnis Pelaku UMKM Bisa Berkembang

Ekonomi | surabaya.inews.id | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 13:10
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Konferensi bisnis, IdeaCloud Conference 2024 kembali digelar pada tanggal 12-13 Oktober 2024 di Vasa Hotel Surabaya. Tahun ini, IdeaCloud mengangkat tema "High Growth Momentum".

Tema ini diangkat guna memberikan wawasan mendalam tentang strategi bisnis agar mampu bertumbuh pesat dan berkelanjutan. Harapannya dengan adanya acara ini, bisa memperkaya wawasan dan pengalaman para peserta konferensi untuk diterapkan ke bisnis mereka yang berasal dari berbagai sektor. 

Founder IdeaCloud, Hermanto Tanoko mengatakan, kegiata  ini merupakan salah satu upaya menciptakan 1 Juta Entrepreneur di Indonesia. IdeaCloud Conference 2024 diharapkan dapat menjadi wadah bagi para peserta untuk mendapat inspirasi baru dalam mengembangkan bisnisnya agar menunjang pertumbuhan UMKM dalam negeri. “Salah satu prinsip dalam menjalankan bisnis, harus kerja keras. Tidak ada yang instan dan terus mencari peluang,” katanya, Jumat (11/10/2024). 

Hermanto mengatakan, untuk tahun kelima ini, peserta GenZ paling banyak. Dia menilai hal itu membuktikan bahwa Indonesia ke arah pengusaha muda mulai muncul di Indonesia. Usia paling muda dari peserta IdeaCloud Conference tahun ini yakni 15 tahun. Peserta itu adalah cucunya sendiri. Peserta tersebut memiliki bisnis studio foto. “Kami mendukung kepada siapapun yang mempunyai bisnis dari usia berapapun,” imbuh Hermanto.

Founder Global Leadership Center Robby Tjiptadjaya menambahkan, seorang entrepreneur perlu memahami dan menguasai market hingga produk. Apalagi belakangan Indonesia mengalami deflasi yang menunjukkan penurunan daya beli masyarakat. “Di IdeaCloud, peserta akan masuk ke dalam ekosistem yang bisa bertumbuh dan berkembang bersama. Selain belajar para peserta juga membangun networking dan kolaborasi antar pengusaha,” jelasnya.

 

Sementara itu, CEO Tanrise Property Belinda Tanoko menyatakan, pasca acara ini, peserta berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan bisnis dan mentoring dari para Founders IdeaCloud melalui IdeaCloud Incubator. Kesempatan juga terbuka dalam mendapatkan dukungan pendanaan atau partnership melalui IdeaCloud Strategic Partner untuk bisnis-bisnis yang sesuai dengan kriteria. 

“Ini dilakukan untuk mendukung bisnis di Indonesia yang potensial bisa bertumbuh pesat dan berkelanjutan,” terangnya.  

Dimulai sejak 2020, acara tahunan ini telah dihadiri lebih dari 15.000 peserta berasal lebih dari 25 kota di Indonesia, serta berbagai kalangan mulai dari pengusaha muda, UMKM, C-Level, hingga pemerintahan. Digelar secara hybrid, para peserta dapat mengikuti acara melalui live streaming maupun hadir langsung ke Ballroom Vasa Hotel Surabaya. 

Ribuan peserta online dan offline hadir untuk mendengar materi dari para pembicara dan memperluas relasi antar pengusaha. IdeaCloud Conference 2024 menghadirkan lebih dari dua puluh pembicara terkemuka yang berasal dari berbagai kalangan. Termasuk pengusaha sukses dan praktisi yang berpengalaman di bisnis, seperti Hermanto Tanoko, Merry Riana, Dr. Indrawan Nugroho, Maharani Kemala, Deryansha, Jacky Mussry, Uung Victoria Finky, dan masih banyak pemilik bisnis terkemuka lainnya.

Topik Menarik