Komisi Yudisial Dukung Para Hakim Perjuangkan Kesejahteraan

Komisi Yudisial Dukung Para Hakim Perjuangkan Kesejahteraan

Terkini | sumba.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 08:40
share

JAKARTA, iNewsSumba.id – Cuti massal yang dilakukan para hakim se-Indonesia ternyata mendapatkan dukungan dari Komisi Yudisial (KY). Apalagi itu langkah para hakim itu untuk peningkatkan kesejahteraan.

“Pada dasarnya, KY memahami dan mendukung upaya para hakim untuk meningkatkan kesejahteraannya,” kata anggota KY sekaligus juru bicara, Mukti Fajar Nur Dewata, Senin (30/9/2024) lalu.

Ditambahkan Mukti, sejatinya hakim merupakan perwakilan negara dalam penyelenggaraan yudikatif. Karena itu, sebut dia sudah semestinya negara memenuhi hak-hak hakim.

“Negara wajib memenuhi hak keuangan dan fasilitas hakim yang menjadi salah satu perwujudan independensi hakim. KY bersama MA berkomitmen untuk terus mengupayakan agar tujuan tersebut bisa tercapai,” urai Mukti.

Terpisah, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, Presiden terpilih Prabowo Subianto telah ditemui oleh Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai.

"Setahu saya bahwa Ketua Komisi Yudisial, itu juga sudah bertemu dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dalam rangka kesejahteraan hakim," tandas Dasco pada wartawan yang menkonfirmasinya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Senin (30/9/2024) lalu.

 

Dasco juga memastikan usulan para hakim itu akan ditindaklanjuti oleh Pemerintahan Prabowo- Gibran selaku Presiden dan Wakil Presiden terpilih mendatang.

"Sudah menyampaikan beberapa usulan-usulan yang insya Allah nanti akan direalisasikan pada saat pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan datang," pungkasnya.

 

Topik Menarik