Krisis Penyanderaan Papua Berakhir Saat Pilot Susi Air Mendarat di Jakarta dengan Selamat

Krisis Penyanderaan Papua Berakhir Saat Pilot Susi Air Mendarat di Jakarta dengan Selamat

Terkini | sorongraya.inews.id | Selasa, 24 September 2024 - 13:30
share

 

TIMIKA, iNewsSorong.id - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens akhirnya tiba dengan selamat di Jakarta setelah dibebaskan dari penyanderaan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Pilot asal Selandia Baru tersebut sebelumnya disandera lebih dari setahun oleh KKB Pimpinan Egianus Kogoya di Distrik Paro, Nduga.

Dia dibebaskan pada Sabtu (21/9/2024) di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, dimana Philip dijemput langsung Tim Gabungan TNI-POLRI. Usai proses treatment Kesehatan di Timika, selanjutnya dia diterbangkan ke Jakarta pada Sabtu (21/9/2024) sore dengan menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara.

Proses evakuasi dan pengawalan Mehrtens menuju Jakarta melibatkan berbagai tim, termasuk Asisten Operasi Kapolri, Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Tim Satgas Nanggala, Tim Polda Papua, Tim Kogabwilhan III, serta rekan pilotnya, Afis. Penerbangan yang membawa Mehrtens berhasil mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pada pukul 22.30 WIB.

“ “Kami bersama rombongan telah tiba dengan selamat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta,” ujar Ka Ops Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Bayu Suseno mengonfirmasi kedatangan tersebut, menandakan berakhirnya masa penyanderaan yang cukup panjang di wilayah pegunungan Papua.

 

Topik Menarik