Ada Rusia di Balik Iran Sukses Ladeni Serangan 100 Pesawat Israel Termasuk F-35

Ada Rusia di Balik Iran Sukses Ladeni Serangan 100 Pesawat Israel Termasuk F-35

Global | sindonews | Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:39
share

Ada peran Rusia di balik kesuksesan Iran meladeni serangan udara Israel yang melibatkan 100 pesawat militer, termasuk jet tempur siluman F-35 Adir, pada Sabtu dini hari.

Mengutip laporan Sky News Arabia, Minggu (27/10/2024), beberapa jam sebelum operasi Israel diluncurkan, pejabat Rusia memberi tahu Iran tentang serangan yang akan datang, dan berbagi informasi intelijen tentang target potensial dan manuver Zionis.

Peran Rusia itu diungkap sumber yang berbicara dengan Sky News Arabia. Kolaborasi ini menggarisbawahi komitmen Rusia untuk menjaga stabilitas regional dan membantu Teheran dalam mempersiapkan pertahanannya.

Iran dan Rusia tidak berkomentar atas laporan berbagi intelijen tersebut.

Meskipun mengalami kerusakan pada instalasi militer di provinsi Teheran, Khuzestan, dan Ilam—yang mengakibatkan kematian empat tentara Iran—otoritas Iran melaporkan bahwa pertahanan udara mereka mencegat banyak rudal Zionis yang menyerang.

Baca Juga: Teka-teki Iran Tak Luluh Lantak Diserang 100 Pesawat Israel, Termasuk Jet Siluman F-35

Berbagai laporan yang saling bertentangan telah muncul mengenai jumlah gelombang serangan Israel. Meskipun sumber-sumber Barat dan Israel berbeda, laporan-laporan dari Iran menunjukkan beberapa gelombang serangan memang terjadi.

Strategi Israel mengandalkan rudal jarak jauh yang diluncurkan dari udara, yang ditembakkan dari posisi yang jauh di luar wilayah udara Iran, sehingga meminimalkan risiko bagi pesawat-pesawat militernya.

Media Zionis melaporkan serangan kemarin melibatkan sekitar 100 pesawat militer, termasuk F-15, F-16, dan jet tempur siluman F-35.

Laporan lain dari Axios memaparkan Israel berkomunikasi langsung dengan Iran melalui perantara pihak ketiga sebelum serangan diluncurkan, mendesak pengekangan dan mengancam akan menyerang lebih dahsyat jika Teheran membalas serangan. Namun, militer Zionis membantah laporan tersebut.

Pada 25 Oktober, Menteri Luar Negeri Belanda Kaspar Veldkamp juga menyerukan de-eskalasi selama percakapan dengan koleganya dari Iran.

Keesokan harinya, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan keberhasilan penyelesaian operasi udara mereka, yang menargetkan sistem pertahanan udara dan fasilitas produksi rudal sambil sengaja menghindari infrastruktur nuklir dan minyak untuk fokus hanya pada sasaran militer.

Fakta memang kehidupan di ibu kota Iran berjalan normal,termasuk penerbangan kembali beropasi beberapa jam setelah serangan Zionis terhenti. Para pejabat Teheran bahkan meledek serangan Israel, menyebutnya terlalu lemah untuk menyakiti Iran.

Meski demikian, Iran mengutuk serangan Israel sebagai pelanggaran hukum internasional, menegaskan haknya untuk membela diri berdasarkan Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Apakah Iran akan membalas masih belum pasti. Sumber yang berbicara dengan Sky News Arabia mengindikasikan bahwa Iran mengisyaratkan, melalui perantara, keputusan untuk menahan diri dari pembalasan langsung.

Sementara laporan dari Tasnim News menunjukkan bahwa Teheran siap untuk menanggapi dan memperingatkan bahwa Israel akan menghadapi tindakan balasan yang proporsional.

Baca Juga: Jet Siluman F-35 Israel Dilaporkan Mengebom Iran, Serang 4 Sistem Rudal S-300, 4 Tentara Tewas

Pada saat yang sama, Amerika Serikat mendesak Iran untuk menghentikan tindakan agresifnya, memperingatkan bahwa permusuhan yang berkelanjutan dapat menyebabkan dukungan Amerika untuk pertahanan Israel dan konsekuensi potensial jika ketegangan meningkat lebih lanjut.

Sistem Pertahanan Rusia Pelindung Iran

Strategi Israel mencerminkan operasi masa lalu terhadap target Suriah, khususnya setelah jatuhnya F-16I Israel oleh rudal S-200 Suriah pada tahun 2018.

Intelijen AS yang bocor juga menunjukkan bahwa Israel mungkin mempertimbangkan penggunaan rudal balistik jarak jauh yang diluncurkan dari udara terhadap posisi Iran.

Menanggapi gelombang serangan awal, pasukan Iran mengerahkan rudal permukaan-ke-udara [SAM] jarak menengah untuk melawan rudal Israel.

Untuk serangan berikutnya, Iran menggunakan sistem pertahanan jarak jauh yang mampu mencegat rudal dari jarak melebihi 100 kilometer—sebuah kemajuan penting.

Di antara persenjataan pertahanan udara Iran terdapat sistem S-300PMU-2 buatan Rusia yang di-upgrade, yang dikenal karena kemampuan intersepsinya yang canggih.

Sementara rudal standar 48N6E2 memiliki jangkauan 200 kilometer, sistem ini dilaporkan kompatibel dengan rudal 48N6DM yang lebih canggih, yang memiliki jangkauan intersepsi hingga 250 kilometer dan dirancang untuk melawan ancaman senjata hipersonik.

Iran memperoleh rudal S-300 yang di-upgrade ini pada tahun 2020, yang diperkirakan mencakup varian 48N6DM, yang telah berhasil diuji oleh China terhadap target yang melaju lebih cepat dari Mach 8 pada jarak 250 kilometer—mengungguli teknologi rudal yang diluncurkan dari udara milik Israel.

Selain sistem S-300, Iran memiliki beragam kemampuan pertahanan udara jarak jauh. Sistem S-200D era Sovietnya, yang berasal dari tahun 1990-an, tetap menjadi salah satu opsi dengan jarak terjauh, yang mampu menyerang target pada jarak hingga 300 kilometer.

Meskipun dimodernisasi untuk meningkatkan mobilitas, S-200 terutama dirancang untuk bertahan terhadap ancaman yang lebih besar seperti rudal balistik daripada target udara yang lebih kecil.

Sistem pertahanan udara paling canggih Iran yang dikembangkan di dalam negeri, Bavar-373, dilaporkan mencapai jangkauan yang mengesankan sejauh 300 kilometer pada bulan April, setelah integrasi rudal Sayyad-4B yang baru.

Sistem tersebut mungkin telah memainkan peran penting dalam intersepsi rudal-rudal Israel kemarin.

Sistem buatan dalam negeri lainnya, Khordad 15, menawarkan alternatif yang lebih ringan untuk Bavar-373, dengan jangkauan serangan melebihi 100 kilometer, meskipun rincian tentang penyebarannya masih terbatas.

Ketergantungan Iran pada pertahanan udara berbasis darat sebagian besar disebabkan oleh terbatasnya persediaan pesawat tempur modern. Jaringan pertahanan berlapis ini menimbulkan tantangan yang signifikan bagi Israel dan sekutunya, memperkuat strategi pencegahan rudal Iran yang ekstensif.

Integrasi canggih pertahanan darat ini dengan peperangan elektronik dan sistem radar mutakhir semakin memperkuat postur pertahanan Iran di kawasan tersebut.

Topik Menarik