Finlandia Siap Jadi Tuan Rumah Markas Besar Angkatan Darat NATO Dekat Perbatasan Rusia

Finlandia Siap Jadi Tuan Rumah Markas Besar Angkatan Darat NATO Dekat Perbatasan Rusia

Global | sindonews | Jum'at, 27 September 2024 - 19:01
share

Kementerian Pertahanan Finlandia mengusulkan pada Jumat (27/9/2024) untuk menempatkan markas besar pasukan darat NATO di kota Mikkeli dekat perbatasan dengan Rusia. Menurut saluran TV Finlandia MTV, usulan ini telah disetujui.

"Administrasi pertahanan Finlandia mengusulkan Mikkeli, kota tempat Komando Angkatan Darat Finlandia bermarkas, sebagai lokasi Komando Komponen Darat Multi Korps (MCLCC) NATO," bunyi pernyataan itu.

Finlandia bergabung dengan NATO pada tanggal 4 April 2023, bersama dengan Swedia.

Dalam wawancara dengan Dmitry Kiselev, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan masuknya negara-negara ini ke dalam aliansi tersebut merupakan langkah yang sia-sia dalam hal kepentingan nasional mereka, karena pasukan dan sistem penyerang Rusia sekarang akan muncul di dekat perbatasan mereka.

Rusia telah berulang kali menunjukkan aktivitas NATO yang belum pernah terjadi sebelumnya di dekat perbatasan baratnya dalam beberapa tahun terakhir.

Aliansi tersebut mengklaim mereka memperluas inisiatif sebagai bagian dari "mencegah agresi Rusia."

Moskow telah sering menyatakan kekhawatiran atas penumpukan pasukan NATO di Eropa.

Kremlin telah mencatat Rusia tidak menimbulkan ancaman bagi siapa pun tetapi tidak akan mengabaikan tindakan yang berpotensi membahayakan kepentingannya.

Baca juga: Israel Amankan Paket Persenjataan Senilai Rp131 Triliun dari AS

Topik Menarik